oleh

Jadi Tersangka, Mantan Walikota Kupang di Tahan Jaksa

-Hukrim-14 views

Mantan Walikota Kupang, Jonas Salean

Kupang, teras-ntt.com — Mantan Walikota Kupang periode 2012 – 2017, Jonas Salean di tetapkan sebagai tersangka oleh Jaksa Kejaksaan Tinggi NTT, Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 14.30 WITA. Didampingi Kuasa Hukum, Yanto Ekon dan Rian Kapitan, Jonas yang juga aktif sebagai anggota DPRD NTT ini menjalani pemeriksaan dari pukul 09.14 hingga 14.30 WITA.

Selain Jonas, jaksa juga menahan mantan pejabat Badan Pertanahan Nasional Kota Kupang Thomas More (TM).

Kejati NTT, Yulianto kepada wartawan mengatakan, bahwa JS dan TM di tetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan selama lima jam dalam kasus pengalihan aset tanah Pemerintah Kota Kupang.

“JS dan TM sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dan segera di tahan,” kata Yulianto.

Mantan Kajari Sumba Barat ini juga mengungkapkan bahwa sesuai audit keuangan, kerugiaan negara dari perkara ini sebesar Rp 66.643.013.678,42.

Mantan Walikota Kupang, Jonas Salean

Pantauan teras-ntt.com, Jonas Salean tak banyak bicara. Ia dikenakan rompi tahanan nomor 14 sambil tersenyum, ia terus berjalan menuju mobil tahanan yang telah di tunggu tim kejaksaan. Saat ditanya awak media terkait penahannya, ia hanya menjawab, nanti tanya Kuasa Hukum saja,” ujarnya sambil berjalan.

Diketahui, berdasarkan hasil penyidikan Tim Kejaksaan Tinggi NTT, perkara pengalihan aset tanah milik Pemerintah Kota Kupang ini di duga telah dibagi ke sejumlah orang pada tahun 2017.

Tanah kapling tersebut berlokasi di jalan veteran, Kota Kupang.(ran)

Komentar

Berita Terbaru