Home Daerah Inspektorat Batalkan Suket Bebas Temuan, Panitia Diminta Gugurkan Bacakades Nulle, Yiswi Selan

Inspektorat Batalkan Suket Bebas Temuan, Panitia Diminta Gugurkan Bacakades Nulle, Yiswi Selan

702
0
SHARE

Arman Tanono

Soe, teas-ntt.com — Pertengahan tahun ini akan dilakukan pemilihan 50 kepala desa serentak di Kabupaten TTS. Tahapan proses sudah berjalan, hingga ada pengaduan keberatan masyarakat terhadap salah satu bakal calon Kades Nulle, Kecamatan Amanuban Barat, Yiswi O. Selan.

Bahwa keberatan masyarakat terhadap Yiswi Selan karena rekomendasi dari Inspektorat yang merupakan salah satu sarat pencalonan sudah dibatalkan, sehingga yang bersangkutan seharusnya tidak diikutsertakan dalam pemilihan kepala desa, tetapi hingga saat ini panitia masih tetap mengakomodirnya.

Protes ini dilayangkan salah satu pemuda desa Nulle yang juga advokat muda TTS Arman Tanono, SH, Kamis (2/4/2020.

Arman mengatakan, bahwa Yiswi.O Selan mendapatkan surat keterangan bebas temuan namun dalam LHP ternyata ada temuan sebesar Rp 66.308.000 yang belum disetor sehingga berdasarkan surat No insp.02.01/01/59/2020 tanggal 18/2020 dinyatakan batal.

Surat yang ditandatangani Inspektur Inspektorat TTS, Jakobis Nahas tersebut ditujukan kepada Bupati TTS, Kapolres TTS, Kejaksaan Negeri Soe, Camat Amanuban Barat dan panitia pemilihan kepala desa di Nulle.

Menurut Arman surat rekomendasi bebas temuan adalah salah satu persyaratan calon kepala desa sehingga jika sudah dibatalkan maka yang bersangkutan (Yiswi O.Selan )dengan sendirinya gugur dan tidak bisa mengikuti proses lanjutan.

Arman Tanono

” Saya minta panitia pemilihan kepala desa segera mencabut administrasi atas nama Yiswi O.Selan pasca dikeluarkan surat pembatalan surat bebas temuan.
Yang bersangkutan tidak boleh diakomodir,” ujarnya.

Ia sangat menyayangkan jika panitia tetap meloloskan yang bersangkutan karena akan mencederai demokrasi sekaligus mengangkangi regulasi yang ada sehingga panitia diminta untuk lebih cermat.

Proses Pemilihan kepala desa Nulle saat ini diikuti ada delapan orang bakal calon masing masing
1. Apris Tse
2. Lamek Faot
3. Simon Petrus Benu
4. Nongki Selan
5. Yiswi O.Selan
6. Melhelpiades Selan
7.Mesak Tefbana
8. Leonito Martins Perera.(sys)

Berikan Komentar Anda.