Home Daerah Inovasi JB3 Mampu Kurangi Kemiskinan dan Tingkatkan Ekonomi Warga

Inovasi JB3 Mampu Kurangi Kemiskinan dan Tingkatkan Ekonomi Warga

358
0
SHARE

Soe, terasntt.com –– Inovasi yang dilahirkan putra daerah Timor Tengah Selatan (TTS) Jhis Baok alias JB3 melalui pelatihan pakan ternak mampu mengurangi kemismikinan. JB3 bersama komunitas Nekmese Group menyelenggarakan pelatihan tersebut karena diyakini bisa meningkatkan ekonomi warga.

Desa Enonetes Kecamatan Kuatnana Kabupaten Timor Tengah Selatan misalnya, telah melakukan pelatihan pembuatan pakan sebanyak tiga kali yang hasilnya mulai nampak, sudah dibeli dan sedang dipamerkan di Stand Dinas Peternakan Kabupaten TTS.

Disaksikan teraantt.com, Rabu (28/8/2019) bertempat di rumah ketua BPD Toni Faot, pemerintah desa bersama Gereja Siloam Fautbena kembali melakukan pembuatan pakan babi yang hasilnya menurut pengakuan mereka sangat memuaskan.

Ketua Majelis gereja setempat Pdt. Mariana Djukambani salah satu penggerak jemaatnya terjun langsung karena menurutnya pakan ternak bisa jadi usaha baru yang meningkatkan ekonomi rumah tangga.

” Yang dibutuhkan adalah semangat warga jemaat untuk bekerja keras karena ini hasilnya jelas, uang ada di depan mata,” tuturnya.

Menurutnya pembuatan pakan ternak adalah salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi warga jemaat karena bahan baku yang dibutuhkan ada disekitar masyarakat dan lewat hal tersebut otomatis memperbaiki tingkat perekonomian warga jemaat.

Sementara itu Kepala Desa, Enonetes Lazarus Faot mengatakan mendukung kegiatan tersebut dan akan menyediakan dana untuk tahun 2020 agar menjangkau semua dusun bahkan ia mencanangkan gerakan tanam pisang yang merupakan salah satu bahan baku pakan ternak.

” Tahun ini ada penanaman 1000 pohon pisang pada 1 ha lahan dan setiap KK wajib menanam 4 pohon untuk menjawab kebutuhan,” ujarnya.

Lanjutnya lagi pembuatan pakan hasil inovasi JB3 itu mudah karena bahan baku ada pada masyarakat sehingga tinggal didayagunakan dan lewat hasilnya bisa dijual untuk peningkatan ekonomi warga,serta sisanya bisa digunakan warga yang rata – rata beternak.(sys)

Berikan Komentar Anda.