Home Daerah Ini Penghargaan Yang Diterima Jonas Salean Selama Memimpin Kota Kupang

Ini Penghargaan Yang Diterima Jonas Salean Selama Memimpin Kota Kupang

816
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Berbagai Program pro rakyat yang dilaksanakan Walikota Kupang Jonas Salean selama lima tahun terakhir mendapat penghargaan dari berbagai pihak. Selain dinikmati masyarakat program yang dicetuskan ini juga mendapat pengakuan dan Apresiasi dari sejumlah kalangan dengan beberikan sejumlah penghargaan.

Sebanyak tujuh tropi yang diberikan secara langsung  oleh Presiden Republik Indonesia (RI) kepada Jonas. Pemberiat Tropi tersebut, karena dinilai telah berhasil menjalankan roda pemerintahan melalui program inovasi hingga menurukan angka kemiskinan, meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat secara cepat, serta penghargaa lainnya.

Demikian kata Jonas dalam  sambutan pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang ke -21 di halaman Balai Kota, Selasa, (25/4/2017).

Penghargaan pertama yang didapat Pemerintah Kota Kupang, Lanjut Jonas, berupa penghargaan dari Mentri Dalam Negeri kepada Kota Kupang sebagai yang terbaik tinggkat regional NTT atas dokumen laporan penyelenggaraan pemerintah daerah tahun 2014 dan 2015.

” Selain itu, ada juga penghargaan dari Mentri PAN dan reformasi Birokrasi kepada Kota Kupang atas prestasinya dalam akuntabilitas kinerja tahun 2016 dengan predikat nilai baik,” Kata Jonas.

Ia melanjutkan, Penghargaan lainnya berupa Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2016 kategori madya dari Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Juga dari Komisi Nasional HAM RI kepada Walikota Kupang atas peran dan komitmen yang tinggi dalam melindungi dan menjamin hak atas kebebasan beragama dan keyakinan di Kota Kupang.

Ia melanjutkan, Pemerintah menerima penghargaan implementasi smart city nusantara sebagai pemerintah daerah yang telah mengimplementasikan samart city nusantara dari PT Telkom, juga dari Gubernur NTT kepada pemerintah kota kupang sebagai daerah koperasi terbaik pertama program desa mandiri anggur merah provinsi NTT tahun 2016.

Penghargaan dari Gubernur NTT kepada Pemerintah Kota Kupang sebagai daerah pengembalian dana terbaik pertama program desa mandiri Anggur Merah se provinsi NTT, Lanjut, Jonas, penghargaan lainnnya dari Gubernur NTT adalah sebagai daerah penyerapan dana terbaik kedua program desa mandiri anggur merah se provinsi NTT tahun 2016.

” Kelurahan Naikoten II menjadi juara kedua lomba kelurahan tingkat Nasional tahun 2013 dan Kelurahan Air Mata menjadi juara pertama sebagai kelurahan terbaik dalam lomba desa dan kelurahan tingkat regional IV wilayah Papua, Maluku dan NTT,” ujar Jonas.

Selain itu, juga Kota Kupang menerima Penghargaan Kota Peduli HAM 2016 dari kementrian hukum dan HAM RI dalam rangka peringatan hari HAM sedunia ke 68,

Lebih lanjut ia mengatakan,  penghargaan Gubrnur NTT kepada Pemerintah Kota Kupang sebagai Kota dengan jumlah dan presentase penduduk miskin terendah ke dua tahun 2015, juga sebagai Kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pertama tahun 2015, dan sebagai Dokumen RKPD terbaik pertama tingkat Kab/Kota se provinsi NTT.

Pada ajang kompetisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkrasi, Lanjut Jonas, kelurahan Naikoten II menjadi salah satu peserta yang lolos dalam tahap ke tiga pada top 99 dari 3.054 peserta yang berasal dari kementrian  BUMN/BUMD, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dan akan memasuki ke tahap IV menjadi top 40, dan jika Tuhan berkenan maka akan mengikuti kompetisi di tingkat Internasional.

Walau demikian, Ia menegaskan, semua penghargaan yang  diterima tersebut, jangan membuat kita lupa diri dan larut dalam euforia sesaat, namun harus dijadikan energi dalam meningkatkan kineja.

” Marilah kita jadikan energi positif untuk terus meningkatkan kinerja guna meraih hasil yang lebih baik di masa depan,” demikian Jonas. (raf)

Berikan Komentar Anda.