oleh

IDI: 200 Tenaga Kesehatan di Aceh Positif Corona

Banda Aceh, teras-ntt.com –Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh mencatat hampir sepuluh persen pasien positif Corona di Aceh merupakan tenaga medis. Diketahui, jumlah positif COVID-19 di Tanah Rencong mencapai 1.599 orang.

“Banyak tenaga kesehatan yang sudah kena (Corona) bahkan bisa mencapai 10 persen dari angka positif. Sudah mendekati 200an tenaga medis yang positif,” kata Ketua IDI Aceh dr Safrizal Rahman saat dikonfirmasi, Minggu (30/8/2020).

Tenaga medis yang positif tersebut terdiri dari dokter, perawat serta bidan. Menurut Safrizal, kebanyakan tenaga kesehatan yang terpapar virus Corona tidak memiliki gejala sehingga hanya perlu menjalani isolasi mandiri.

“Kita sangat bersyukur sangat minimal sekali mereka dalam kondisi berat, dalam kondisi sampai harus intensive care,” jelas Safrizal.

Safrizal menyebut, saat ini perlu ada upaya dari rumah sakit untuk memproteksi tenaga medis dengan berbagai cara. Dia mencontohkan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh kini punya IGD terpisah sehingga pasien tidak tercampur.

“Di rumah sakit ada dua kemungkinan, bisa pasien menularkan ke tenaga medis atau sebaliknya. Makanya perlu upaya proteksi dengan berbagai cara,” ujar Safrizal.

Safrizal juga meminta tenaga medis untuk berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah sakit untuk mencegah penularan. “Tenaga medis juga harus memperhatikan aktivitas mereka di luar tempat kerja, di luar rumah sakit yaitu saat berada di tempat keramaian atau keseharian,” jelasnya.

Jumlah pasien Corona di Aceh hari ini bertambah 54 orang sehingga totalnya menjadi 1.599 orang. Dari jumlah itu, 615 orang dinyatakan sembuh, 61 orang meninggal dunia serta 923 masih dirawat.(agse/isa)

Sumber : detik.com

Komentar

Berita Terbaru