Home Daerah HUT TNI ke – 71, Kodim 1618/TTU Wujudkan Indonesia Berdaulat

HUT TNI ke – 71, Kodim 1618/TTU Wujudkan Indonesia Berdaulat

603
0
SHARE
Foto : Yudith Taolin

KEFAMENANU, Terasntt.com –Upacara peringatan HUT TNI ke -71 di Makodim 1618 TTU, Rabu (5/10/2016) pagi berjalan sukses.
Peringatan hari ABRI ini bertemakan ” Bersama TNI rakyat kuat, hebat, profesional, siap wujudkan Indonesia yang berdaulat”.

Selaku Irup pada upacara tersebut, Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Raymundus Sau Fernandes, saat menyampaikan amanat Panglima TNI mengatakan,bahwa meskipun perayaan upacara terebut tidak meriah, namun diharapkan tidak mengurangi makna dari peringatan HUT TNI itu sendiri.

” Pada peringatan HUT TNI ke -71 tahun 2016 kali ini memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI. Tapi upacara dilakukan secara sederhana di daerah masing – masing. Namun begitu, kegiatan yang dilaksanakan dengan sederhana ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri karena tiap – tiap satuan wilayah TNI melaksanakan upacara yang dipadukan dengan mengangkat kearifan lokal budaya,” kata Fernandes.

Menurutnya, kegiatan yang mengangkat kearifan budaya lokal seperti membaca puisi, mencipta lagu,pementasan tarian daerah dan berbagai kegiatan sosial lain berupa bedah rumah veteran, operasi katarak dan pengobatan massal, merupakan wujud kepedulian TNI kepada rakyat.

Penyelenggaraan HUT TNI ini juga pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2016.

Dalam upacara peringatan tersebut juga, dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan RI berupa Satya Lencana Dharma Bantala, Satya Lencana Bintang Kartika Eka Pakci Nararya, Satya Lencana kesetiaan XXIV, XVI dan VII kepada pwerawakilan anggota oleh oleh Irup. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kasdim 1618/TTU, Mayor Infanteri Ngakan Made Marjana didampingi ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Dim 1618 Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana,Ny. Yudi Gumilar yang diserahkan kepada prajurit tertua Pelda Agus Moruk.

Demikian juga, pagelaran Drama Kolosal yang diperagakan siswa siswi SMA Negeri I Kefamenanu, turut memeriahkan acara peringatan HUT TNI ke -71 dengan tema, “Masyarakat dipimpin raja Sonbay Kabupaten TTU berjuang dan mempertahankan NKRI di Kefamenanu”.(dit)

Berikan Komentar Anda.