oleh

Herman Man : Ini, Job Fair Pertama di Kota Kupang

KUPANG, Terasntt.com — Kota Kupang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang tidak terlepas dari berbagai masalah social dan ekonomi, salah satunya pengangguran. Untuk menjawab persoalan tersebut Pemerintajh Kota Kupang melalui dinas teknis menyelenggarakan, Pameran bertajuk, “ Melalui Pameran Jabatan (Job Fair ) Temukan Pekerjaan Anda”.
Demikian kata Wakil Walikota Kupang, Hemanus Man saat membukan kegiatan tersebut di halaman Lippo Plazza, Kamis (27/8/2015).
Hermanus Man mengatakan, pameran jabatan merupakan hal baru di Kota Kupang.
“ Ini yang pertama, Pemerintah Kota Kupang melalui dinas teknis coba membuka peluang bagi pencari kerja. Ini adalah peluang, Oportunity agar pencari kerja dan pengguna jasa bisa bertemu disini,” ungkapnya.
Kegiatan pameran ini, lanjut dia memiliki dua keuntungan, yakni pencari kerja tidak perlu berkeliling kota untuk melamar dan perusahaan tidak perlu memasang iklan di berbagai media.
“ Pameran disini selama dua hari, saya kira pasti banyak pelamar. Ada gula ada semut,” katanya.
Ia menambahkan, apa yang dilakukan Dinas Nakertrans patut diapresiasi sebagai upaya mengurangi pengangguran di kota Kupang.
“ Tingkat pengangguran di Kota Kupang menurut Suvei BPS itu bertambah 11, 38 % setiap tahun. Na dari angka ini kota Kupang mengalami pertumbuhan tenaga kerja sekira 55 % dari jumlah penduduk yang berumur 15 tahun ke atas. Jumlah penduduk Kota Kupang saat ini 277.000 dan dari jumlah itu 137 ribu lebih sudah bekerja dan yang nganggur 140 ribu lebih. Yang 140 ribu ini disebabkan oleh dua hal yakni pertambahan penduduk secara alamiah dan Urbanisasi,” katanya.
Man mengatakan, daya tarik kota yang terkesan serba mewah dan menurut kaum pendatang gampang cari kerja, menarik banyak Orang datang dari desa, sehingga berdampak pada pertumbuhan penduduk.
“ itu dampak negatifnya, tapi dari aspek ekonomi sangat menolong. Ekonomi berputar cepat itu karena pertambahan manusia. Pasar besar,” ujarnya.
Terkait peluang kerja yang ditawarkan pengusaha, Man menguraikan, ada tiga hal yang harus dipenuhi pelamar yakni Kompentensi, jujur dan disiplin dalam bekerja.
” Kompetensi dari pelamar. misalnya, Dealer Suzuki, mencari orang yang mampu menjual produk motor. Tidak hanya sekedar keahlian tetapi kemampuan. Yang kedua jujur. Itu kata penting. Dan ketiga disiplin. Saya kira semua perusahaan yang ada ini memberlakukan displin dalam bekerja,” katanya.
Dalam laporannya, Kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jery Padji Kana, mengatakan Pameran Jabatan berlangsung selama 3 hari sejak 27- 29 Agustus 2015.
“ Jumlah peserta sebanyak 25 Perusahaan di Kota Kupang ikut dalam pameran ini, siap menjawab kebutuhan masyarakat Kota Kupang yang sedang mencari kerja,” tegasnya.(adi)

Komentar