oleh

Guru Budidaya Jahe, Stanislaus Pati : Ini Jawaban Tante Nela Paris

Kupang, teras-ntt.com — Shinta sala seorang guru yang juga ibu rumah tangga di Aimere, Kabupaten Ngada membudidayakan tanaman Jahe untuk menopang ekonomi keluarga. Usaha ini mendapat dukungan positif anggota  DPRD Ngada Stanislaus Pati saat berkunjung ke lokasi tanaman Jahe tersebut, Minggu di f(16/5/2021).

” Aimere adalah salah satu kecamatan di pinggir pantai. Tidak dipungkiri daerah ini sebagai penghasil ikan terbaik, moke (arak) terbaik serta tanaman lain seperti Jahe berkualitas super yang mampu menjadi penopang ekonomi keluarga. Ini adalah jawaban terhadap program Pemerintah Daerah Tante Nela Paris,” kata Pati via pesan WhatsApp dari Aimere saat itu.

Menurut Pati, ia bersama salah seorang pengurus Golkar Romilus Juji berkunjung ke rumah ibu Shinta untuk melihat langsung tanaman  Jahe yang berlokasi di sekitar rumah menggunakan media polybag dan karung berukuran 50 kg.

” Kata ibu Shinta, budidaya jahe yang dilakukan itu awalnya hanya berskala rumahan dengan memanfaatkan pekarangan.  Hasil yang didapat cukup bagus untuk menambah penghasilan. Mulai dari itu keluarga ini mulai membudidayakan jahe dalam jumlah banyak di salah satu kebun milik keluarga agar bisa memperoleh hasil yang lebih banyak lagi,” kata Pati. 

Anggota DPRD Ngada Stanislaus Pati bersama Ibu Shinta

Pati berharap agar pola pembudidayaan Jahe ini bisa dikolaborasikan antara masyarakat dan pemerintah demi mensukseskan program pemerintah khususnya dibidang Pertanian, 

” Aimere memiliki lahan tidur yang cukup luas, jika dimanfaatkan dengan baik akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Aimere khususnya dan Ngada pada umumnya. Memang hal ini tidak muda, tinggal dari niat ketekunan serta konsistensi dari masyarakat serta pemerintah daerah. Jika hal ini berhasil diterapkan maka pendapatan masyarakat meningkat, daya beli juga meningkat, perputaran ekonomi meningkat yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Demikian juga Romilus Juji menyampaikan, bahwa program pemerintah Tante Nela Paris terutama di bidang pertanian, Kecamatan Aimere mempunyai potensi besar terutama tanaman Jahe karena cocok dengan iklim setempat dengan ketinggian antara 300 – 700 meter diatas permukaan laut. (mas)

Komentar