by

Goes To Campus, MPR – Undana, Gelar Diskusi Kebangsaan GBHN

KUPANG, Terasntt.com — Gerakan MPR RI Goes To Campus mendapat respon positip dikalangan civitas akademisi juga masyarakat. Dalam gerakan yang sama MRR bekerjasama dengan dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar diskusi Garis Besar Haluan Negara (GBHN) besama mahasiswa dan para narasumber di Aula Utama Undana, Senin (13/6/2016).

Diskusi Kebangsaan tersebut dibuka ketua Badan Pengkajian MPR RI, Dr. H.Bambang Sadono,SH,MH dihadiri Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L.Benu,Ph.D, anggota MPR RI yang juga sebagai narasumber nasional, Dr. Ajang Sudrajat,MM dan Dr. Jefriston R.Riwu Kore, nara sumber para praktisi Undana, Dr. David Pandie,MS, Dr. Jhon Kotan
Kandidat Dr. Laurens Syairani serta ratusan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Bambang menyampaikan rasah bangganya ketika berada di Kampus Undana bersama Rektor dan narasumber serta atusias para mahasiswa.

Menurutnya, terkait revitalisasi GBHN yang diangkat mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri sebelumnya sempat diangkat dan didiskusikan oleh forum Rektor se Indonesia, terkait pembangunan yang bermuara pada GBHN masa orde baru.

Sementara Fredrik Benu, mengatakan, bahwa sebelumnya, yakni pada masa ode baru pembangunan negara bermuara pada GBHN.

Namun diterbitkannya, Undang – Undang Nomor 25 tahun 2004, lanjutnya perencanaan pembangunan secara detail dirubah melali dokumen perencanaan berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ).

” GBHN ini baru diangkat lagi oleh mantan Presiden Megawati pada beberapa waktu lalu. Dan hari ini kita sikapi untuk mendiskuskan bagaimana merevitalisasi GBHN dan mengembalikan model pembangunan ke UUD 1945. Biasanya setiap tahun Undana membantu Bepenas menyusun perencanaan. Hasilnya seperti apa kita tidak tahu. Mari kita coba mencari formulasi menyusun perencanaan nasional kedepan. Perlu rasionalisasi,” katanya.

Suasana Diskusi ini menarik, selain dua moderator yang hebat juga diseleingi dengan lawak yang dimainkan oleh staf MRP RI, juga mahasiswa Undana hingga mengocok perut para peserta dan narasumber.(mas)

Comment

Berita Terbaru