oleh

Geliat Usaha Di Tengah Pandemi, UMKM Mindari Dorong Masyarakat Olah Rempah Jadi Minuman Sehat

KUPANG, teras-ntt.com — Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Nusa Tenggara Timur, banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami kerugian, bahkan kolaps. Tidak banyak UMKM  yang bertahan dengan produk unggulan berkarakter. 

Seperti halnya Yustin Sadji alias Yustin Jarpuk salah satu pegiat juga pemilik UMKM Mindari yang beralamat di Noelbaki Kabupaten Kupang tetap kokoh melayani masyarakat dengan produk unggulan olahan rempah menjadi minuman sehat untuk meningkatkan imun tubuh. Produk unggulan yang diracik dari jahe, kunyit dan temulawak secara instan ini sangat diminati masyarakat di masa pandemi covid-19.

” Di tengah pandemi ini sebagai pelaku usaha mikro juga kena dampak hanya saja disiasati supaya jangan sampai kolaps. Kebetulan produk saya adalah olahan dari produk lokal NTT sendiri. Selain keripik pisang juga minuman hasil olahan dari jahe, kunyit dan temulawak dalam kemasan instan tinggal diseduh. Dalam situasi pandemi ini produksi minuman tersebut meningkat karena orang sudah mulai kembali memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk meningkatkan imun tubuh. Jadi memang usaha minuman herbal dari jahe, kunyit dan temulawak ini menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat menaikan Imun tubuh. Ini membuat usaha saya bertahan, Namun disisi lain juga saya memperkenalkan rempah khusus jahe, kunyit dan temulawak untuk diolah menjadi menjadi minuman yang salah satunya menjaga imun tubuh kepada masyarakat terutama ibu – ibu rumah tangga. Juga diperkenalkan ke masyarakat luas bagaimana mengkonsumsi minuman herbal berbasis bahan lokal ini. Jadi selain sebagai usaha juga praktek baik ini juga saya bagikan ke ibu – ibu yang lain agar mereka bisa membuatnya untuk konsumsi dalam rumah tangga dan bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha,” kata Yustin Jarpuk kepada teras-ntt.com via ponselnya, Jumat (30/7/2021).

Komentar