by

Gagal Selundupkan BBM, Pelaku Melarikan Diri ke Timor Leste

KEFAMENANU, Terasntt.com — Satgas Pamtas RI – RDTL di wilayah Sektor Barat, prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad, Pos Napan Bawah berhasil menggagalkan penyelundupan (Galdup) Bahan Bakar Minyak (BBM) berbagai jenis ke Districk Oecusse Timor Leste, Jumat (30/9/2016) lalu. Para pelaku melarikan diri ke wilayah Timor Leste.

Operasi tersebut dipimpin langsung Komandan Pos Napan Bawah, Letda Inf. Honest Marlin beserta empat anggotanya berhasil menggagalkan penyelundupan BBM sebanyak 250 liter.

Prestasi prajurit Raider 321/GT Kostrad itu disampaikan Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad Sektor Barat, Letnan Kolonel Inf M. Ghoffar Ngismangil melalui Danpos Napan Bawah Letda Inf. Honest Marlin yang ditemui di Pos Napan Bawah Selasa (11/10/2016).

Letda Honest mengatakan, barang bukti BBM yang berhasil diamankan masing – masing premium 35 liter, minyak tanah 100 liter dan solar 115 liter.

Menurutnya, berbagai jenis BBM yang diselundupkan itu diangkut dengan gerobak oleh tiga orang pelaku yang berhasil melarikan diri ke dalam wilayah Timor Leste.

” Pada hari Jumat (30/9/2016) pukul 22.00 Wita, saya beserta 4 anggota Kopda Widiyanto, Praka Rusiman, Praka Wendy Setia, Praka Heri Sutikno, melakukan pengendapan di jalan tikus desa Napan sekitar patok BSP 64 dengan jarak 1,5 Kilometer. Pengendapan dilaksanakan berdasarkan informasi yang kami peroleh dari masyarakat bahwa sering ada orang melintas pada malam hari keluar masuk wilayah RI – RDTL. Pada Sabtu (01/10/2016) pukul 01.30 wita saat kami akan melaksanakan penangkapan, ada salah satu dari tiga pelaku penyelundupan melihat ke arah kami dan melarikan diri ke dalam wilayah Timor Leste dengan meninggalkan sebuah gerobak kayu. Saya bersama dua anggota lainnya, Kopda Widiyanto dan Praka Heri Sutikno berusaha mengejar namun ketiga orang tersebut berhasil lolos. Saat itu juga kami melakukan pengecekan terhadap gerobak tersebut dan ternyata dalam gerobak kayu terdapat terdapat 43 jerigen berukuran 5 liter 1 jerigen besar berukuran 35 liter. Jerigen – jerigen tersebut berisikan 100 liter minyak tanah, 35 liter bensin dan 115 liter solar,” kata Honest.

Pantauan media ini, BBM selundupan tersebut diamankan di Pos Napan Bawah dan prajurit Yonif Raider 321/GT Kostrad masih terus melakukan patroli dan pengecekan kepemilikan barang bukti tersebut guna diproses lebih lanjut.(dit)

Comment

Berita Terbaru