by

Frans : Bangun Matim Dengan Program 4 Sehat

KUPANG, Terasntt.com — Bakal calon Bupati Manggarai Timur (Matim), Frans Sarong menyatakan siap membangun daerah itu dengan program empat sehat. Pembangunan Infrastruktur jalan, air bersih, listrik dan menata birokrasi.

” Saya dan Nahas Johanes diusung partai koalisi Golkar NasDem dengan tagline ” Sarnnas” akan membawa perubahan besar bagi Manggarai Timur jika dipercayakan masyarakat,” kata Frans saat ditemui di Kupang, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya ruas jalan Manggarai Timur sepanjang 1.500 km dan kurang – lebih 600 km rusak parah. Karena itu Manggara Timur terisolasi. Misalnya masyarakat Elar Selatan ke Borong harus putar melalui Bajawa, Kabupaten Ngada. Infrastruksi menjadi perhatian utama karena menjadi nadi segala sektor. Bagaimana kalau kita mengharapkan pelayanan cepat jika jalan buruk,” tegasnya.

Ia menggambarkan, pembangunan hotimx jalan saat ini sangat mahal, 1 km menelan dana Rp 3 miliar. Sementara anggaran untuk daerah sangat kecil sehingga diprioritaskan dengan pembangunan telford atau lapen.

Demikian juga air bersih menjadi keluhan sangat besar, baru 30 – 40 persen menikmati air saat ini.

” Masalah air bersih saja bisa menghabiskan waktu produktif. Juga memiskinkan masyarakat,” katanya.

Selain itu, lanjut Frans sebagian besar masyarakat Matim juga belum memiliki jaringan listrik untuk penerangan.

” Hanya baru 18,8 persen masyarakat yang menikmati listrik saat ini. Jika dipercayakan kami siap mengatasinya dengan membangun komunikasi bersama PLN, karena Listrik tidak membutuhkan alokasi dana APBD tetapi menjadi urusan BUMN. Jadi kita hanya membangun komunikasi. Pemda hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa merekalan lahannya untuk dilalui jaringan listrik. Selama ini yang menjadi kendala bagi PLN adalah pembebasan lahan,” katanya.

Sementara birokrasi katanya akan ditata secara baik dan sehat harus melalui fit and proper test untuk menentukan pemimpin sesuai dengan kompetensinya.(mas)

Comment

Berita Terbaru