Home Humaniora Filyana : RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Masuk Prolegnas

Filyana : RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Masuk Prolegnas

666
0
SHARE

KEFAMENANU, terasntt. com — Anggota DPRD TTU, Filyana Tahu mengatakan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual masuk Prolegnas. RUU ini tengah diupayakan untuk disahkan menjadi UU PKS.

“Perkembangan terakhir mengenai RUU PKS melalui Komnas Perempuan bahwa RUU PKS berada diurutan ke 7 dari 50 RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Dan tentunya kita bersyukur bahwa keluhan dan perjuangan kita direspon baik oleh DPR RI dan menjadi prioritas untuk dibahas dan ditetapkan, ” kata Filyana saat membawakan materi tentang HIV/AIDS kepada ratusan mahasiswa Universitas Timor (Unimor) di Kefamenanu, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya kegiatan tersebyt sangat pentingyang agar masyarakat tahu bahwa akan ada regulasi khusus yang mengatur tentang kekerasan seksual. Juga, mahasiswa lebih tahu dan menjaga perilaku pergaulan. Dan mahasiswa meresponnya dengan membubuhkan tanda tangan menolak kekerasan seksual. Setidaknya peserta yang terlibat dalam kegiatan ini mempunyai cara pandang baru mendukung upaya – upaya baik dari daerah maupun tingkat nasional untuk mengesahkan RUU PKS menjadi UU PKS.

Kegiatan yabg digekar Dinas Kesehatan TTU ini berlangsung di Aula Serba Guna Unimor dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia 2017.

Selain mendengar penyampaian materi dari para nara sumber, ratusan mahasiswa Unimor terlibat memberikan dukungan menolak kekerasan seksual dengan membubuhi tandatangan pada lembaran kain putih bertuliskan “Gerak Bersama Sahkan Undang – undang Penghapusan Kekerasan Seksual yang Berpihak pada Korban”.

Direktur Yabiku, Antonius Efi menyampaikan kegiatan yang berlangsung merupakan bagian dari kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap kaum perempuan. “Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye 16 hari anti kekerasan terhadap kaum perempuan. Dengan titik star, dari tanggal 28/11 hingga puncaknya 10/12/2017.

Adapun pemateri yang dihadirkan dalam sosialisasi ini, diantaranya Sekretaris KPAD TTU, dr Rienarmy Usfinit, Plan Indonesia, Goreti Bulor, Kabid P2P Dinkes TTU, Wilhelmina Bone, Anggota DPRD TTU, Filyana Tahu dan dari Yabiku TTU, Antonius Efi.

Pantauan Terasntt.com, ratusan mahasiswa Unimor antusias mengikuti jalannya dialog dan sangat berperan aktif. Adapun alasan kegiatan sosialisasi berfokus di lingkungan Kampus Unimor.

Menurut Direktur Yabiku, Antonius Efi bahwa Unimor potensial mengembangkan pengetahuan.

” Kegiatan ini berpusat di Unimor karena Yabiku mempunyai satu catatan mendasar bahwa Unimor potensial untuk bisa mengembangkan pengetahuan. Konteks kampanye ini bisa memberi nilai tambah untuk pengetahuan mereka dan berharap mereka yang hadir bisa saling memberi pengaruh yang baik kaitan dengan pergaulan yang sehat,” jelas Efi.(dit)

Berikan Komentar Anda.