oleh

Farry Dukung Pembangunan Embung di TTS

Farry, Dukung Pembangunan Embung di TTS

SOE, Terasntt.com — Ketua Komisi V DPR RI Farry Djemi Francis mendukung rencana pembangunan embung di wilayah Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang selalu dilanda kekeringan. Diharapkan dengan adanya embung tersebut bisa mengatasi persoalan itu.
“Untuk kedepan bisa mengatasi kekeringan di selatan, bahkan jika memungkinkan bisa dibangun bendungan di Neomuke selaku ketua sangat mendukung,”kata Farry di SoE, Senin (27/7/2015).
Farry Francis mengatakan, bahwa sebagai Ketua Komisi V dirinya mengetahui terjadinya kekeringan yang berujung pada kekurangan pangan, dan masyarakat terpaksa mengkonsumsi putak sebagai makanan alternatif.
Untuk itu, lanjut dia pihaknya telah memikirkan sekaligus memperjuangkan dipusat agar dibangun embung di wilayah Selatan TTS.
“Saya ikuti pemberitaan di media, sehingga tidak tinggal diam, kita akan mendorong juga pembangunan embung, bahkan jika ada kajian untuk dibangun bendungan di sungai Noemuke, pasti kita dukung karena demi kepentingan masyarakat,”tegasnya.
Menurut dia, sampai sejauh ini ada alokasi anggaran dari pusat yang di setujui melalui balai sungai untuk pembangunan embung dan melajutkan normalisasi kali.
Selain itu, Farry juga menyinggung pembangunan Infrastruktur diwilayah perbatasaan yang kondisinya masih memrihatinkan, dan akan menjadi poin penting untuk diperjuangkan di Komisi V DPR RI.
” Dalam masa reses saya kali ini saya akan memantau infrastruktur wilayah perbatasan di propinsi NTT khususnya di pulau timor masih sangat memprihatinkan. Untuk itu, kedepan perlu di perjuangkan agar mendapat perhatian dari pemerintah pusat, karena pembangunan diperbatasaan dari negara tetangga lebih maju.” Katanya.
Bagi Farry, pembangunan infrastruktur tidak bisa berharap pada APBD sehinga perlu diperjuangkan di Pusat agar mendapat intervensi APBN.
Farry mengatakan, untuk Kabupaten TTS, pihaknya akan mendorong terus mendorong pembangunan ruas jalan di wilayah Selatan yang menghubungkan kabupaten TTS – Malaka. Dan juga kelanjutan pembangunan Dermaga Kolbano yang belum rampung sampai saat ini.
Pejabat Balai Sungai II NTT yang membidangi Pembangunan Embung ketika mendampingi, Farry membenarkan adanya pembangunan embung di Wilayah Selatan dalam tahun ini. Sementara rencana pembangunan bendungan belum ada kajian.(K2)

Komentar