oleh

Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana Gelar Seminar Penelitian Online

Kupang, teras-ntt.com — Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar seminar Nasional Kelautan dan Perikanan ke- VII secara online di Hotel Neo Aston Kupang, Rabu (18/11/2020). Seminar yang mengusung tema “Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil yang Berkelanjutan Menuju Masyarakat 5.0” ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pemikiran yang tidak hanya cerdas namun dapat  mendorong semua pemangku kepentingan dalam eskalasi dan optimalisasi sumber daya kelautan melalui Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional dan Regional. 

Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Dr. Marcelien Ratoe Ooedjoe, M.Si.,dalam materinya mengatakan, bahwa tugas utama diperguruan tinggi ada tiga yaitu pendidikan, pengajaran dan penelitian yang mana sebagai wujud pengabdian bagi masyarakat. 

Hasil penelitian dari beberapa stakeholder juga, lanjutnya, ikut berpartisipasi dalam seminar ini, dari tingkat nasional maupun internasional yang merupakan salah satu karir terhadap kelembagaan universitas.

Dijelaskan, beberapa fakultas kelautan dan perikanan juga diharapkan mampu mengambil peran untuk mengelolah sumber daya pesisir dan pulau – pulau kecil dengan berpartisipasi aktif dalam proses pencadangan dan penetapan seperti Pengelolaan Taman Nasional Perairan Laut Sawu, proses pembuatan dan penetapan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir serta Pulau-pulau Kecil di NTT. Selain Pembentukan Rencana Zonasi Kawasan Antar Wilayah Laut Flores dan Pembentukan Dewan Konservasi Perairan Provinsi NTT sebagai Pengelola Perikanan tingkat Nasional dan Lokal yakni Konservasi dan pengelolaan ekosistem terumbu karang dan sumber daya, juga sebagai mitra tetap bagi LSM Lokal, Nasional maupun Internasional baik  Pemerintah Kabupaten, Provinsi NTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BUMD/N, serta Swasta dalam mengelolah sumber daya pesisir dan kelautan. 

Komentar

Berita Terbaru