oleh

DPRD NTT Pantau Bantuan di TTS

KUPANG, TN — Bantuan kekeringan di Kecamatan Amanuban Selatan dan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) terus berdatangan. Untuk memastikan penyalurannya, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno bersama anggota Jefri Unbanunaek, Bonifasius Jebarus, David Melo Wadu memantau dan memonitoring langsung di lapangan, Rabu (8/7/2015)
Kehadiran, Dewan Propinsi ini untuk melilihat langsung bagaimana proses penanggulanngan dan solusi jangka panjang terkait masalah kekeringan di Desa Oebelo, Oehani dan Kualin yang mengalami gagal panen akibat rendahnya curah hujan setiap tahun.
Pada kesempatan itu, Pua Geno terus memberi arahan kepada masyarakat yang ditemui serta mendorong pemerintah propinsi dan kabupaten agar bertindak cepat dan tetap sekaligus mempersiapkan solusi jangka panjang.
” Setiap tahun selalu terjadi bencana, musim panas terjadi kekeringan sementara musim hujan dilanda banjir. Untuk mengatasi kekurangan pangan kami berharap semua bisa menanam komoditi tanaman umur pendek. Memang stok beras cadangan di Propinsi ada 200 ton dan diperuntukan bagi semua wilayah di NTT yang mengalami kekeringan. Bagi daerah yang membutuhkan kami persilahkan kepala daerah mengajukan permohonan sesuai mekanisme yang ada,” tegasnya.
Sementara Unbanuanek, berharap agar kedepan masalah kekeringan di wilayah TTS dan NTT lainnya bisa dicarikan solusi secara permanen.
” Pemerintah Pusat sangat merespon kondisi yang di NTT dan ini menjadi moment emas untuk membangun Bendungan dan lainnya. Kekeringan bukan hanya di wilayah Selatan, namun hampir sebagian besar wilayah TTS mengalami hal yang sama, bahkan kekeringan ini juga melanda 16 Kabupaten lain di NTT akibat bencana Elnino. Harapan kami agar pemerintah Propinsi maupun daerah terus memantau berbagai kekeringan di wilayah NTT untuk lakukan tindakan antisipasi termasuk TTS,” tegasnya.(mas)

Komentar