by

DPRD Kota Ingatkan Disperindag Awasi Barang Kedarluasa

KUPANG, Terasntt.com — Berbagai persoalan yang terjadi di pasar di Kota Kupang lolos dari perhatian. Pengawasan sangat lemah sehingga perlu ditingkatkan.

” Kami minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota meningkatkan pengawasan terhadap barang kadarluasa yang beredar di berbagai pasar dalam Kota Kupang,” kata anggota komisi II, Jemari Yoseph Dogon usai melakukan kunjungan kerja ke Disprindag Kota Kupang, Rabu (22/3/2017).

Kunjungan kerja yang dipimpin Ketua Komisi II Melkianus Asanab itu untuk melihat proses pelaksanaan tugas Disprindag dan sekaligus mengingatkan Diaprindag agar meningkatkan pengawasan.

” Dalam kunjungan, banyak hal yang kami sampaikan kepada Disperindag dalam kaitan dengan fungsi dan tugas pengawasan terhadap produk kadarluasa, penempatan  pedagang di pasar dan soal pelaksanaan tera ulang serta hal lain yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Disprindag,” kata Dogon.

Demikian juga, Melkianus Balle dan Robby Y. Karel Kan, Disperindag sebagai mitra kerja komisi II tentunya dalam pelaksanaan pengawasan terlebih terhadap produk kadarluasa sangatlah penting.
Karena dilihat sudah mendekat hari raya Paskah dan hari raya lain maka pengawasan makanan kadarluasa penting dilakukan.

” Ya selama ini dilihat dalam pengawasan yang biasanya dilakukan tiga bulan sekali, sebenarnya maksimal harus dilakukan tiga bulan sekali, sebab ini demi kenyamanan konsumen dalam hal masyarakat sebagai konsumen,” kata Melkianus politisi Hanura.

Melkianus mengaku, dalam pengawasan tentunya dibutuhkan tambahan anggaran, sehingga komisi II sebagai mitra kerja pasti akan siap mendukung, karena pengawasan ini adalah salah satu pengamanan atau perlindungan terhadap masyarakat dari barang atau produk kedaluarsa,” katanya.

Hal senada juga dikatakan, Robby Kan, bahwa perlunya pengawasan secara baik oleh Disprindag khusus makanan kadarluasa adalah bagian dari perlindungan bagi masyarakat dari sisi kesehatan.(raf)

Comment

Berita Terbaru