oleh

DPR Minta Menko Tedjo Selesaikan Kisruh Tolikara di Lapangan

Jakarta, CNN Indonesia — Aziz Syamsudin, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membidangi masalah hukum menyayangkan lemahnya campur tangan pemerintah dalam menyelesaikan insiden Tolikara. Aziz menyebut, seharusnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Tedjo Edhy Purdijatno bisa turun ke lapangan untuk memberi solusi.

“Terjun ke lapangan perlu dilakukan karena masalah ini tidak dapat diselesaikan hanya melalui pembahasan di pusat. Komisi III akan cek itu, dan meminta Menkopolhukam untuk segera turun ke lapangan,” kata Aziz di Jakarta, Sabtu (18/7).

Sayangnya, Aziz sendiri baru memastikan bisa ikut terjun ke lapangan bersama anggota Komisi III DPR lain setelah libur lebaran usai.

“Kami akan memantau terus perkembangan insiden Tolikara. Rencananya setelah masa libur bersama selesai, Komisi III akan turun,” ujar Aziz.

Sebelumnya Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Badrodin Haiti mengatakan masalah utama yang membuat insiden penyerangan umat Muslim di Tolikara terjadi adalah akibat suara nyaring saat persiapan salat Idul Fitri.

Akibat serangan tersebut, salat Id tersebut batal dilaksanakan karena jemaah yang bubar. Penyerang lantas melampiakan amarah dengan membakar beberapa bangunan rumah dan kios yang ada. Dalam upaya pengamanan, petuga menembak tiga orang pelaku penyerangan yang tidak mengindahkan peringatan petugas.(sumber CNN)

Komentar