oleh

Dorong Ekonomi Masyarakat MKGR Belu Bangun Kemitraan Dengan Kelompok Tenun

KUPANG, teras-ntt.com — Salah satu organisasi sayap DPD 2 Golkar Belu, yakni Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) terus bergerak maju dengan berbagai inovasi. Orsap yang dipimpin seorang pengusaha muda Ivon Sulaiman alias Aci Ivon ini juga menggandeng kelompok tenun ” Matras Pana Saburaka” di Dusun Saburaka Aitoun Belu untuk mendorong ekonomi masyarakat. 

” Kami menggandeng mitra kelompok tenun “Matras Pana Saburaka” yang artinya perempuan tua Saburaka untuk meningkatkan kualitas tenun agar nilai jualnya lebih tinggi,” kata Aci Ivon didampingi suaminya Baba Pio di Belu, Sabtu (25/9/2021). 

Kemitraan antara MKGR dengan kelompok tenun, kata Bacaleg Golkar Provinsi ini lewat Rato (kepala dusun) Saburaka Yulius Oscar Asa sekaligus membangun kerjasama dengan menandatangani MOU bersama orang tua angkat dan beberapa asosiasi pengusaha lain untuk menjaga stabilitas pemasaran hasil tenun motif daerah setempat.

Lahan petani strawberry binaan MKGR Belu

Selain itu, lanjutnya MKGR Belu juga memiliki kelompok binaan berupa petani strawberry dan dapur Ma Aci yang dikelola bersama pengurus MKGR. 

Menurut aktivis PMKRI ini petani strawberry memiliki program Urban Farming, yakni bagaimana menghasilkan uang dari pekarangan rumah dengan keterbatasan lahan dan air serta modal terjangkau dan hasil pasti dibeli konsumen.(mas)

Komentar