oleh

Ditekuk Turki, Belanda Terancam Absen di Piala Eropa 2016

Jakarta, CNN Indonesia — Belanda terancam absen di Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-3 dari Turki pada lanjutan kualifikasi Grup A di Stadion Torku Arena, Konya, Minggu (6/9).

Kekalahan dari Turki membuat Belanda saat ini berada di peringkat empat klasemen sementara Grup A dengan torehan 10 poin. Sementara Turki naik ke posisi tiga dengan 12 poin.

Setelah gagal memastikan tempat otomatis ke putaran final Piala Eropa 2016, Turki dan Belanda tinggal mengharapkan jalur playoff dengan berada di peringkat tiga Grup A.

Dengan Grup A menyisakan dua pertandingan, Turki kini berada di atas angin untuk merebut peringkat tiga dan tampil di babak playoff.

Menjamu Belanda, Turki membuka keunggulan pada menit kedelapan melalui gol Oeguzhan Oezyakup. Setelah menerima umpan terobosan Arda Turan, Oezyakup dengan tenang menaklukkan kiper Jasper Cillessen dengan mencungkil bola.

Memasuki menit ke-26, tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan. Kegagalan Stefan de Vrij menjaga Turan membuat gelandang Barcelona itu dengan leluasa mencetak gol ke gawang Belanda. Turan menaklukkan Cillessen dengan tendangan mendatar ke tiang kanan.

Kemenangan Turki ditutup lewat gol Burak Yilmaz pada menit ke-85. Setelah menerima umpan tarik Caner Erkin yang merebut bola dari Gregory van der Wiel, Yilmaz melesakkan bola ke bagian kanan atas gawang.

Susunan pemain

Turki: Volkan Babacan; Sener Ozbayrakli, Caner Erkin, Serdar Aziz, Hakan Balta; Selcuk Inan, Hakan Calhanoglu (Mehmet Topal, 65′), Oeguzhan Oezyakup (Olcay Sahan, 83′); Arda Turan (Volkan Sen, 57′), Ozan Tufan, Burak Yilmaz.

Belanda: Jasper Cillessen; Gregory van der Wiel, Stefan de Vrij (Georginio Wijnaldum, 46′), Jeffrey Bruma, Jairo Riedewald; Daley Blind (Luuk de Jong, 74′), Davy Klaassen, Wesley Sneijder; Luciano Narsingh (Quincy Promes, 69′), Memphis Depay, Robin van Persie.(CNN)

Komentar