by

Dinkes Himbau Puskesmas Cegah DBD Sejak Dini

KUPANG, Terasntt.com — Dinas Kesehatan Kota Kupang menghimbau kepada puskesmas dan pustu di Kota Kupang memberikan penyuluhan untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) serta peyakit lain sejak dini. Hal ini dilakukan terkait perubahan iklim yang tidak menentu.

” Kami Sudah mengeluarkan himbauan kepada setiap puskesmas dan pustu yang ada di Kota Kupang agar gencar memberikan penyuluhan kepada masyrakat untuk mengatasi perkembangan penyakit DBD dan lainnya,” Kata Kepala bidang penanggulangan dan pengamatan penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsi, di ruang kerjanya, Selasa, (17/1/2017).

Menurutnya, pihak puskesmas dan pustu sudah menjalankan peranya dengan baik dalam melaukan hal tersebut.

Ia menjelaskan bahwa perbahan musim yang terjadi wilayah Kota Kupang telah membuat masyarakat rentan terkena berbagai penyakit diantaranya diare yang ditandai dengan keseringan membuang air besar berkali – kali.

” Masyarakat akan rentan terkena sejumlah  peyakit pada musim – musim seperti ini, untuk itu, pengolahan makanan harus dijaga, anak wajib dipantau melalui tumbuh kembangnya, harus melakukan imunisasi juga menjaga lingkungan, terutama pada genangan – genangan yag menjadi sarang berkembang biaknya jentik,” ujarnya

Sry berharap agar masyarakat segera melaporkan ke puskesmas terdekat, apabila gejala – gejala penyakit timbul.

” Apabila ada gejala, segera laporkan diri ke puskesmas terdekat. Jangan sampai terlambat, karena itu akan berbahaya,” tegasnya.(raf)

Comment

Berita Terbaru