oleh

Difabel Di Lembata Belajar Olah Pangan Lokal

Difabel Di Lembata Belajar Olah Pangan Lokal

Lewoleba,teras-ntt.com — Para penyandang difabel di Desa Pasir Putih/ Mingar, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata, belajar membuat stik kelor, keripik ubi ungu, keripik keladi dan keripik pisang. Rasanya juga bervariasi yakni original, manis dan balado.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Forum Peduli Kesejahteraan Difabel dan Keluarga (FPKDK) bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Lembata, Selasa (12/01/2021).

Instruktur pelatihan dari Tim Penggerak PKK kabupaten ini dimulai dari proses pembuatan hingga pengemasan agar bisa dijual ke pasaran. 

Kepada para difabel, ketiga instruktur terus mengingatkan agar seluruh tahapan dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dan standar Kesehatan.

Sementara Pemerintah Desa Pasir Putih bahkan memberi ruang khusus UKM, bagi kelompok difabel di desa tersebut. 

“ Kami memberi satu ruang UKM untuk produk keripik berbagai bahan dasar olahan dan tenun ikat. Sebab para  difabel di sini memiliki keterampilan seperti itu. Karena itu pelatihan ini sangat bermanfaat bagi  mereka dan bisa memanfaatkan ruang yang sudah diberikan pemerintah,” ujar Kepala Desa Pasir Putih, Isidorus Pasing saat memantau jalannya pelatihan di kediaman salah seorang difabel.

Komentar