oleh

Di Kota Kupang, Pemulung Dirikan Sekolah PAUD & SMP. Ketua RT Minta Pemkot Intervensi Dana

Kupang, teras-ntt.com – Warga RT 10/ RW 04 Kelurahan Oesapa Barat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta Pemerintah Kota Kupang menaruh perhatian terhadap dua Lembaga Pendidikan PAUD Peduli Kasih dan SMP Swasta Surya Mandala. Sekolah tersebut didirikan Yoseph Blikololong salah seorang pemulung pada 2011 silam dan sudah meluluskan ratusan anak yang notabene anak dari keluarga  kurang mampu. 

Ketua RT sekitar, Petrus Rae kepada wartawan di kediamannya Sabtu, (21/5/2022) mengatakan, ia bersama warga sekitar sangat terbantu dengan kehadiran dua lembaga pendidikan yang didirikan warganya Yoseph sekaligus memberikan dukungan penuh. Karena meskipun Yoseph hanya seorang pemulung sampah tetapi Yoseph peduli terhadap sesama warga dengan membangun dua unit sekolah. 

Untuk itu selaku ketua RT Petrus  bersama warga mengharapkan Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan bisa memperhatikan lembaga tersebut lewat intervensi dana bagi para guru-guru yang mengajar pada sekolah dimaksud.

Halaman dan rumah Yoseph Blikololong disulap menjadi ruang belajar PAUD dan SMP Swasta di Oesapa Kota Kupang

Harapkan yang sama juga dari Sarlota Beklik yang sejak 2017 hingga saat ini menjadi tenaga sukarelawan sebagai guru pada sekolah PAUD Peduli Kasih untuk membantu warga sekitar yang sebagian besar ekonominya pas-pasan.

Pada tempat berbeda, Sartini Matasina warga sekitar juga mengaku sangat terbantu dengan adanya SMP swasta Surya  Mandala di lingkungan tempat tinggalnya sehingga ia bisa menyekolahkan dua anaknya secara gratis di sekolah tersebut.

Sementara Yoseph Blikololong, mengaku hampir pupus harapannya ketika masuk tahun keempat (2014-red) saat merintis sekolah itu karena ketiadaan gedung sebagai tempat belajar. Lembaga itu sempat berpindah tempat hingga saat ini memanfaatkan sebagian ruangan dan halaman rumahnya yang disulap menjadi ruangan belajar bagi siswa PAUD dan SMP.

Warga sekitar bersyukur karena 

Kehadiran PAUD dan SMP yang dibangun Bapak Yoseph Blikololong dapat membantu  pendidikan anak-anak terlantar dan anak-anak dari keluarga tidak mampu, secara gratis.(goe)

Komentar