Home Politik Dewan Minta Pemprov Kelolah Arsip Lebih Profesional

Dewan Minta Pemprov Kelolah Arsip Lebih Profesional

627
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Ketua Komisi I DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi agar megelolah Arsip Daerah lebih profesional. Pasalnya, keberadaan Dinas Arsip  seolah diabaikan sejak berdirinya Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan hasil temuan Komisi I, sudah bertahun – tahun terjadi penumpukan dokumen pada Dinas Arsip, bahkan ada dokumen dan lemari disimpan di halaman kantor.

” Kami sudah berkali – kali meminta bakan mendesak kepada Pemerintah agar mengelolah Arsip dengan lebih profesional. Temuan kami sewaktu kunjungan, tampak semua lemari dan dokumen -dokumen disimpan di luar kerena kekuranga depo penyimpanan,” ujar Ketua Komisi I, Maksimus Ebo Tho saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (25/1/2017).

Ebu Tho mengatakan, Suasana kerja di Dinas Arsip sangat tidak nyaman karena penumpukan dokumen tersebut, bahkan  megganggu pelayanan kepada msyrakat.

Menurutnya, udara dalam ruangan begitu pengap karena tidak dibersihkan, padahal Dinas Arsip tersebut begitu penting, karena menyimpan semua dokumen pemerintahan ini dari masa ke masa.

” Kita tahu, bahwa Dinas Arsip ini begitu penting, menyimpan segala dokumen baik dari Propinsi, Kota dan semua Kabupaten. Dinas ini yang nanti akan menjelaskan semua roda Pemerintahan ini dari masa ke masa, semisal ada penelitian dari luar, otomatis, mereka akan datang di Dinas Arsip,” ujarnya.

Menurutnya, Komisi terus mendesak Pemrintah Provinsi NTT agar segera mencari tempat untuk menyimpan semua dokumen ini.

” Kalau bisa, di Kantor Gubernur lama. Kami sudah meninjau di tempat itu, di sana ada ruangan kosong. Itu untuk sementara bisa digunakan untuk menyimpan dokumen,” pintanya.

Ke depan, lanjutanya Komisi I akan berjuang sampai ke Pemerintah Pusat untuk bisa dialokasikan dana untuk membangun Arsip yang lebih representatif.

” Kami secara lembaga akan berjuang sampai sampai ke Pusat agar bisa dialokasikan dana untuk membangun Dinas Arsip yang lebih representatif. Paling tidak 2 atau 3 lantai,” Demikian janji Ebu Tho. (raf)

Berikan Komentar Anda.