oleh

Demi Keselamatan Pelayaran, Navigasi Bangun Rambu Suar Di Teluk Lewoleba

-Daerah-11 views

Pembangunan Rambu Nabigasi di Teluk Lewoleba

Lewoleba, teras-ntt.com — Demi menjaga keselamatan keselamatan pelayaran di wilayah Lembata Distrik Navigasi Kelas II Kupang, Nusa Tenggara Timur membangun Rambu Suar di Teluk Lewoleba. Rambu ini untuk mempermuda penyeberangan ke Pelabuhan Laut Lewoleba.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Wilayah Kerja Lewoleba, M. Arifin kepada wartawan, Senin (29/06/2020) menjelaskan, pembangunan Rambu Suar oleh Distrik Navigasi Klas II Kupang pada 3 titik di teluk Lewoleba ini penting untuk keselamatan pelayaran.

Selama ini Pelabuhan Laut Lewoleba Kabupaten Lembata dengan tingginya aktivitas penyeberangan, tapi tak memiliki lampu navigasi. Hal itu bisa mengakibatkan terjadi kapal kandas. Pasalnya, tidak adanya rambu navigasi yang mengatur lalu lintas kapal.

Untuk memberikan keselamatan, kapal yang nantinya akan melintas dapat melihat rambu navigasi sebagai panduannya.

“Pemasangan rambu navigasi ini bertujuan memberikan tanda agar kapal yang melintas di kawasan ini perlu berhati-hati sehingga tidak kandas,” katanya.

Dijelaskan, bahwa fungsi dari rambu ini adalah memberikan tanda kondisi perairan yang boleh dilintasi maupun tidak boleh dilalui.

Terkait informasi yang beredar di medsos tentang keberadaan alat pembuatan rambu Navigasi, Arifin mengatakan, agar tidak meluas isu di masyarakat soal keberadaan peralatan tersebut, maka perlu diketahui soal pentinganya pemasangan Rambu Navigasi tersebut.

“ Kalau tidak ada rambu, bisa terjadi kecelakaan karena kandas pada karang dan seterusnya. Kita perlu bersyukur karena ada anggaran dari Navigasi Propinsi untuk kita di Lembata,” ujar Arifin.

Dia juga menjelaskan, kedatangan kontraktor yang mengerjakan pemasangan Rambu Suar ini telah diketahui pihaknya saat kontraktor datang dan melaporkan pelaksanaan proyek pemasanga 3 unit Rambu Navigasi di Teluk Lewoleba.(van)

Komentar

Berita Terbaru