Home Ekbis Daftar ke LMK, Kelompok Musisi Dapat Royalty

Daftar ke LMK, Kelompok Musisi Dapat Royalty

897
0
SHARE
Foto : Ilustrasi/ Komunitas Musisi Indonesia

KUPANG, Terasntt.com — Semua musisi yang terdaftar di Lembaga Manajemen Kolekttif (LMK) mendapat royalty dari hasil karyanya. Saat ini sebanyak enam kelompok musisi di Indonesia yang telah terdaftar di lembaga itu.

Demikian disampaikan Direktur Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi (HKI) Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Indonesia, Robinson Sinaga saat sosialisasi LMK bagi pencipta lagu/musik di Kupang, Jumat, (26/8/2016).

Sinaga mengatakan, bahwa sesuai ketentuan UU Nomor 28 tahun 2014 pasal 87, tentang hak cipta, bahwa setiap pencipta lagu/musik, penyanyi, pemusik dan pemilik hak terkait harus menjadi anggota Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) sehingga bisa mendapatkan royalti.

Menurutnya keenam lembaga yang telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI itu dibagi dalam dua kelompok yaitu, LMK Hak Cipta dan LMK Hak Terkait.

Keenam lembaga itu masing – masing Karya Cipta Indonesia (KCI), Wahana Musik Indonesia (WAMI), Royalti Anugrah Indonesia (RAI), LMK PAPPRI, Sentra Lisensi Musik Indonesia(SELMI) dan Anugrah Loyalti Dagdut Indonesia (ARDI).

“ Banyak yang belum memahami ketentuan ini sehingga perlu adanya sosialisasi tentang ketentuan hukum bagi pencipta lagu dan pemilik hak terkait,” kata Sinaga.

Sosialisasi itu, menurut dia, bertujuan agar pencipta lagu atau pemusik yang ada di NTT mengerti tentang ketentuan hukum supaya dapat mendaftar dan mendapat royalty.

“ Sosialisasi ini ditargetkan dilaksanakan di 10 kota di Indonesia dan Kupang merupakan kota ketiga, setelah Medan dan Ambon,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut penyanyi, pemusik dan pencipta lagu mendaftarkan diri di LMK agar hak dan kewajiban terkait karya seni dapat terpenuhi, karena sistem pembayaran atau pembagian telah diatur serta dimudahkan seluruh upaya dalam proses para musisi untuk mendapatkan hasil dari karya yang diciptakan atau dibawakan.
“ Memang sosialisasi LMK ini penting bagi para musisi untuk mendapat hak royalty dari hasil ciptaan dan hak terkaitnya,” kata Sinaga.(xel)

Berikan Komentar Anda.