Home Daerah Cuaca Ekstrim Aktifitas Masyarakat Sulamu Terhambat

Cuaca Ekstrim Aktifitas Masyarakat Sulamu Terhambat

675
0
SHARE

Oelamasi, Terasntt.com – Cuaca ekstrim  hujan disertai angin kencang beberapa pekan terakhir menganggu aktifitas  masyarakat di Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang NTT.

Camat Sulamu, Adriel Abineno kepada wartawan di Oelamasi, Jumat (2/2/2018) mengatakan, warga Kelurahan Sulamu sudah beberapa minggu tidak melaut akibat hujan deras disertai angin kencang. Hingga saat ini intensitas hujan dan angin kencang masih tinggi.

“Masyarakat yang tergabung dalam komunitas Bajo-Roe sampai saat ini lebih memilih berkerja di darat karena kondisi laut tidak memungkinkan untuk melaut. Bahkan di akhir Desember lalu angin keras sempat merusakkan beberapa rumah warga yang letaknya di bibir pantai tapi syukur sudah dapat perhatian dari BPBD,” jelas Adriel.

Selain cuaca ekstrim dan curah hujan yang tinggi, lanjut Adriel, air dari sungai Kukak juga sempat masuk dan menggenangi beberapa lahan sawah dan kebun milik masyarakat yang ada di desa Pariti dan Oeteta.

Terkait dengan kondisi tersebut, Adriel selalu mengingatkan masyarakat Kecamatan Sulamu tetap waspada agar tidak terjadi korban jiwa.

Beni Hubani salah seorang petani yang ada di dusun 6 Desa Pariti mengharapkan Pemerintah dapat membangun bronjong panjang di sekitar wilayah kali Kukak sehingga pada saat hujan,  air tidak meluap masuk ke pemukiman dan lahan sawah masyarakat.

“Banjir besar akibat hujan di hulu kali juga terkadang membuat air meluap dan membanjiri sawah. Hujan ekstrim membuat kita was-was karena takut masuk ke lahan tani masyarakat dan jika itu terjadi bisa gagal panen seperti tahun 2017 lalu,” katanya.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam berbagai kesempatan selalu menghimbau dan mengingatkan masyarakat Kabupaten Kupang agar tetap waspada dan siaga menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi.

Ia meminta dinas teknis seperti BPBD dan Dinas Sosial senantiasa siaga dan proaktif dalam menghadapi kondisi darurat dan kejadian luar biasa yang terjadi untuk ditangani dengan baik dan cepat. (raf)

Berikan Komentar Anda.