Home Pendidikan Ciptakan Sekolah Berbudaya Lingkungan, Yonarmed 11 Kostrad Bangun Taman SDK Yaperna

Ciptakan Sekolah Berbudaya Lingkungan, Yonarmed 11 Kostrad Bangun Taman SDK Yaperna

2339
0
SHARE
Foto : Yudith Taolin

KEFAMENANU, Terasntt.com — Untuk menciptakan sekolah berbudaya lingkungan di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pihak sekolah berlomba – lomba mencari peluang. Sekolah tertua, SDK Yaperna Kefamenanu I bekerjasama dengan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonarmed 11 Kostrad membangun taman bunga setempat.

Taman yang dibangun di depan Yaperna itu sepanjang 7 meter dengan lebar 1 meter untuk memperindah wajah sekolah yang umurnya mendekati satu abad berlangsung selama 5 hari hingga, Minggu (17/4/2016).

Upaya memperindah wajah sekolah ini berlangsung sejak lama, namun terhambat akibat belum terbangun komunikasi dengan para alumni sebagai donatur juga kesibukan para pendidik.

Pantauan Terasntt.com, pembangunan taman bunga tersebut didesain khusus di depan lima ruang kelas dan satu ruang perpustakaan.

Sesuai rencana manajemen sekolah akan dibangun taman keliling semua ruang kelas, namum masih menunggu pengadaan material dari para donatur. Sementara pengadaan jenis bunga akan diupayakan dari pihak sekolah.

Kepala Sekolah SDK Yaperna, Theresia Nggadas – Taolin mengapresiasi TNI yang turut menyukseskan program sekolah berbudaya lingkungan di TTU.

” Kami sangat berterimakasih sekali, dengan bantuan Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad. Entah dengan apa dapat kami balas budi baik bapak – bapak TNI,” ungkapnya.

Ia mengakui, kegiatan tersebut sebenarnya sudah lama direncanakan namun dengan berbagai kesibukan para rekan guru dalam Proses Belajar Mengajar (PBM), juga kurang lancarnya komunikasi dengan para alumni, sehingga pengerjaannya sempat tertunda beberapa waktu.

” Kegiatan ini sudah lama direncanakan, tapi kesibukan PBM cukup menyita waktu sehingga pengerjaannya tertunda. Kami tidak menyangka, bahwa anggota TNI mampu membangun dan memberikan corak dan motif taman bunga yang begitu bagus sehingga sekolah kami terlihat sangat indah rapih tertata. Tidak akan kami lupakan jasa baik anggota TNI, salam hormat kami untuk Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL yang begitu ikhlas mengikutsertakan anggotanya dalam pembangunana taman bunga,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Theresia mengapresiasi seluruh anggota Satgas yang bermarkas di Kalan Kampung Baru Kefamenanu lantaran selalu menunjukkan kerjasama yang baik dengan warga sekitar. Dimulai dengan membangun komunikasi yang baik hingga penyelenggaraan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi warga sekitar Kalan.

Pembangunan taman tersebut dipantau langsung Komandan Satgas Yonarmed 11 Kostrad, Letkol Arm Teguh Prihanto Usman bersama Pasi Ops Lettu Ismail.

Arm Teguh Prihanto Usman melalui Lettu Arm Ismawi kepada wartawan mengatakan, bahwa tujuan menata pekarangan sekolah agar terlihat lebih hidup sehingga murid – murid memiliki motivasi untuk belajar.

” Tujuan dari penataan pekarangan sekolah ini, agar terlihat lebih hidup dan jika sudah memiliki taman bunga yang cantik, murid – murid akan lebih semangat belajar. Sekaligus menanamkan rasa cinta lingkungan terhadap anak didik,” katanya.

Menurutnya, pihak TNI hanya ingin membantu mewujudkan upaya sekolah dalam menggalakan Sekolah Berbudaya Lingkungan.

” Kami juga dengan segala keterbatasan ingin mewujudkan impian pihak sekolah dalam menggalakkan Sekolah Berbudaya Lingkungan. Ini sebagai kenangan dari kami Satgas Yonarmed 11 Kostrad yang bertugas di kabupaten TTU,” ujarnya.(dit)

Berikan Komentar Anda.