Home Daerah Ciptakan Menu Pangan Lokal, TP PKK TTS Gelar Lomba Masak

Ciptakan Menu Pangan Lokal, TP PKK TTS Gelar Lomba Masak

1161
0
SHARE
Foto : Istimewa

SOE, Terasntt.com — TP. PKK Kabupaten Timor Tengah Selalatan (TTS) terus berkreasi bersama kaum ibu meningkatkan gizi bagi keluarga. Hal tersebut dikemas dalam lomba cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten TTS yang berlangsung di Aula Sekretariat TP PKK setempat, Rabu (31/8/2016).

Kegiatan yang dirangkai bersama festival Budaya TTS ini dibuka langsung ketua TP PKK TTS, Rambu Atanau – Mella didampingi Wakil Ketua TP PKK Margarita Naitboho – Nokas, S.Pd dan disaksikan, Dewan Juri serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Atanau mengatakan, bahwa lomba Cipta Menui B2SA merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar dalam acara Festival Budaya Daerah TTS ke – 7 tahun 2016, yang diikuti oleh seluruh Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa.

Menurutnya, Lomba Cipta Menu ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya Tim Penggerak PKK Kabupaten TTS untuk mempromosikan hasil kekayaan daerah serta memotivasi masyarakat, khususnya pengurus dan kader TP PKK kecamatan maupun desa agar mampu berkreativitas dalam menciptakan berbagai menu makanan dengan memanfaatkan pangan lokal.

Selain itu, lanjutnya dengan lomba tersebut diharapkan mampu mengangkat kembali citra makanan khas daerah yang selama ini kalah bersaing dengan makanan modern maupun makanan dari luar TTS.

Lebih lanjut Atanau mengatakan, pengembangan potensi pangan lokal nantinya dapat mendukung program ketahanan pangan masyarakat TTS secara umum.
Hal ini penting karena ketahanan pangan masyarakat merupakan hal yang sangat mendasar dan strategis karena pangan merupakan kebutuhan utama manusia yang paling mendasar.

” Dengan demikian, pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak asasi individu dan sebagai komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas,” katanya.

Ia berharap, semua yang terlibat dalam Lomba Cipta Menu B2SA ini, mampu mensosialisasikan semua yang diketahui kepada masyarakat sehingga bisa terbiasa dengan pola makan yang menggunakan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman demi terciptanya manusia yang sehat dan dengan demikian maka TP PKK telah mendukung suksesnya program Pemerintah dalam mengurangi gizi buruk.

Sementara salah seorang peserta lomba, yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Kotolin, Paulina Foeh – Dima mengatakan, bahwa dirinya sangat senang dapat mengikuti kegiatan tersebut, karena selain melatih diri untuk berkreasi dan mencoba resep –resep yang baru dengan memanfaatkan pangan lokal, juga mendapatkan pengalaman dan ilmu, yang nantinya dapat dibagikan pada masyarakat sekitar terkhusus di Kecamatan Kotolin.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.