Home Daerah Bupati SBD Buka Musrenbang RPJMD 2016 – 2021

Bupati SBD Buka Musrenbang RPJMD 2016 – 2021

998
0
SHARE
Foto : Istimewa

WAIKABUBAK, Terasntt.com — Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Kamis (30/06/2016) membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Kabupaten Sumba Barat.
Acara yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Sumba Barat dihadiri pimpinan SKPD se Kabupaten Sumba Barat serta jajaran Camat, kepala desa, para tokoh masyarakat, dan team dari Intitut Teknologi Negeri Malang.

Dalam sambutannya, Dapawole menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui bersama, RPJMD merupakan penjabaran dari Visi–Misi dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, Pembangunan daerah dan Keuangan Daerah, serta program Perangkat Daerah dan lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif, maka kebijakan penyelenggaraan Pemerintah Daerah selama lima tahun, yaitu tahun 2016 – 2021 yang akan disampaikan, dibahas, dan disepakati dalam rancangan RPJMD Tahun 2016–2021 merupakan perwujudan janji politik Bupati dan Wakil Bupati pada saat Kampanye sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Kabupaten Sumba Barat dengan berpedoman pada RPJMD dan RTRW Kabupaten Sumba Barat serta mengacu RPJM Nasional serta memperhatikan RPJMD Provinsi dan RTRW Provinsi dan Kabupaten sekitarnya.

Sementara itu Bupati Sumba Barat dalam sambutannya menyampaikan, di awal kepemimpinan ini, Kita diwajibkan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang “Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional” dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang “pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang “tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah”.

Menurut Bupati, kegiatan Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati rancangan RPJMD Kabupaten Sumba Barat Tahun 2016-2021. untuk itu, forum ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan penyempurnaan terhadap rancangan RPJMD tersebut, sehingga pada nantinya dapat memperoleh masukan dan komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Sumba Barat.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah di Kabupaten Sumba Barat, maka kebijakan dan prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam musrenbang ini, diharapkan dapat mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

Untuk mewujudkan Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Sumba Barat maka telah dirumuskan tiga misi pembangunan Kabupaten Sumba Barat, yaitu sebagai berikut ; (1) Mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba Barat yang semakin mandiri melalui pemberdayaan ekonomi rakyat yang berbasis sumber daya local dengan pemanfaatan ruang secara optimal dan berwawasanlingkungan, (2) Mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba Barat yang semakin demokratis, melalui tata kelola kepemerintahan yang baik, penegakan hukum dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, (3) Mewujudkan kehidupan masyarakat Sumba barat yang semakin sejahtera, melalui pemenuhan kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

“Namun demikian Visi dan Misi di atas, bersifat masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus diturunkan atau dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, sampai dengan program prioritas. hal ini tentu bukan pekerjaan mudah, tidak akan bisa dilakukan oleh satu atau dua orang saja. perlu sinergi, kolaborasi, diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui, termasuk agenda pada hari ini yaitu Musrenbang RPJMD’’ tutur Bupati.

Menurut Bupati, forum ini dimaksudkan untuk menjaring aspirasi dari seluruh pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah selama lima tahun ke depan, sesuai dengan Masa Bhakti periode Masa Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Tahun 2016-2021 ke depan.

“Untuk itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, kami minta kepada seluruh lapisan masyarakat dan unsur kelembagaan yang saat ini hadir pada forum ini, untuk dapat memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif.” Harap Bupati mengakhiri sambutannya.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.