Home Pariwisata Budaya Perang Lamaholot Tampil Memukau di Expo Alor

Budaya Perang Lamaholot Tampil Memukau di Expo Alor

4803
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

KALABAHI, Terasntt.com — Acara Pembukaan Expo Alor X, Sail Indonesia, Festival Budaya Lamaholot dan Carnaval III diawali dengan pawai dan pentas budaya. Dari ke 17 Kecamatan se Kabupaten Alor, juga peserta festival Lamaholot Lembata dan Flores Timur serta etnis lainnya tampil memukau dihadapan pejabat dan peserta Sail Indonesi dan masyarakat, di Alor, Selasa (9/8/2016) petang.

Masing – masing peserta pawai ini umumnya menampilkan tarian perang entins Lamaholot mengandalkan senjata tradisional, parang dan anak – panah dan mengenakan pakaian adat masing – masing daerah.

Parang panjang Flores Timur meliuk – liuk ditengah kerumunan ketika tarian hedung diperagakan peserta pawai. Penari yang mengenakan nowing (sarung adat) dipadukan dengan baju singlet dan soket kelapa bagai makota mempertontonkan keboleh dalam mempertahankan budaya Lamahot.

Nowing yang nyaris punah kini kembali dibudayakan ketika menjadi salah satu jas kesukaan Presiden RI, Joko Widodo dan kini sebagian besar pejabat mulai mengikutinya.

Demikian juga tari perang yang dipertunjukan dari setiap kecamatan se Kabupaten Alor dengan senjata tradisional, parang dan panh,

Tak ketinggalan etnis tionghoa yang tampil dengan tarian kipas dengan kostum serba merah hingga masyarakat yang menyaksikan tak bergeming walau diderah rintik hujan.(mas)

Berikan Komentar Anda.