Home Ekbis BPJS – Media Bermitra, Sukseskan Program JKN – KIS

BPJS – Media Bermitra, Sukseskan Program JKN – KIS

910
0
SHARE
Foto : Thomas Duran

KUPANG, Terasntt.com — Untuk mesukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang menggandeng media massa. Kerja sama dimaksud dalam rangka mempromosikan JKN – KIS kepada masyarakat melalui pemberitaan.

Kemitraan diawali dengan kegiatan Media Gathering yang berlangsung di Depot Nelayan Kupang, Kamis (2/6/2016).

Awak media dan pimpinan BPJS Cabang Kupang, Frans Parera, Cabang Atambua, Endang Riana Simanjuntak bersama seluruh staf bersama dalam suasana kekeluargaan yang diawali dengan makan bersama dan permainan game hingga ditutup dengan dialog.

Frans Parera mengatakan, bahwa tujuan membangun kemitraan bersama media massa agar bisa saling mengenal dan bisa mendukung program JKN – KIS dengan mempublikasikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

” Mendukung bukan berarti memberitakan yang baik saja, yang tidak baik juga harus diberitakan agar masyarakat tahu apa itu BPJS. Kami selalu terbuka dan memberikan informasi terkait JKN – KIS. Silahkan datang ke kantor dan setiap saat kami akan melayani berbagai informasi dan data untuk dilanjutkan kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, untuk mewujudkan program JKN – KIS masih banyak kendala yang dihgadapi, diantaranya kesadaran masyarakat menjadi peserta BPJS sangat rendah.

” Kami sudah mensosialisasikan program ini hingga ke kelurahan, bahkan ke RT/RW. Tapi tetap juga masyarakat belum berkeinginan menjadi peserta,” katanya.

Selain itu, Parera juga menjelaskan tetang sistem baru penerapan denda keterlambatan pembayaran iuran BPJS.

” Denda keterlambatan akan dibayar saat peserta BPJS menjalani opname. Jika tiga bulan tidak membayar tidak akan membayar denda pada bulan keempat. Tapi akan dihitung saat yang bersangkutan opname. Kalau hanya rawat jalan tidak apa – apa,” katanya.

Semantara, Endang Riana Simanjuntak, menjelaskan, bahwa BPJS adalah badan yang menjalanjakn program JKN – KIS.

Dan dalam kaitan dengan kerjasama media ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara baik dan benar terkait pelayanan JKN.

” Kami minta tolong dan mari kita bahu membahu menyukseskan program JKN sesuai harapan masyarakat,” katanya,” katanya.(mas)

Berikan Komentar Anda.