Home Hukrim BK: Berstatus Tersangka, Irman Gusman Tak Bisa Lagi Jadi Ketua DPD

BK: Berstatus Tersangka, Irman Gusman Tak Bisa Lagi Jadi Ketua DPD

723
0
SHARE
Irman Gusman memakai rompi tahanan KPK (Foto: Grandyos Zafna)

JAKARTA, Terasntt.com – Badan Kehormatan (BK) DPD hari ini akan rapat membahas posisi Ketua DPD Irman Gusman yang berstatus tersangka. Ketua BK DPD, AM Fatwa menyebut tidak ada opsi lain selain memberhentikan Irman dari posisi ketua.

“Dengan ditahannya dia sekarang ini sebagai tersangka, dia tidak bisa menjalankan tugas. Menurut tatib, ya harus diberhentikan,” kata Fatwa saat dihubungi, Minggu (18/9/2016) malam.

Fatwa menuturkan bahwa pemberhentian Irman sebagai anggota DPD masih menunggu keputusan hukum berkekuatan tetap. Namun, posisi sebagai ketua sudah tak bisa ditawar lagi.

“Sudah ada keputusan tersangka, dia tidak bisa menjabat lagi sebagai ketua,” tegasnya.

Dalam rapat BK hari ini, Fatwa mengatakan bahwa sebenarnya tidak akan ada pembahasan panjang. Keputusan BK soal pemberhentian Irman sebagai ketua nantinya akan dibacakan di paripurna.

“Penggantinya nanti dipilih lagi dari wilayah barat (Irman merupakan senator asal Sumbar-red). Penggantinya sebagai pimpinan itu tidak harus jadi Ketua DPD,” papar Fatwa.

Irman ditangkap KPK di rumah dinasnya pada Sabtu (17/9) dini hari dan KPK mengamankan uang Rp 100 juta. Uang suap Rp 100 juta yang diterima Irman diduga berkaitan dengan pengurusan kuota impor gula di Provinsi Sumatera Barat. Tersangka pemberi suap adalah pasangan suami istri XSS dan MMI.(cnn/imk/imk)

Berikan Komentar Anda.