oleh

Bimtek Staf Bawaslu Libatkan Jurnalis

Bimtek Staf Bawaslu Kabupaten Lembata

Lewoleba, teras-ntt.com — Bawaslu Kabupaten Lembata menggelar Bimtek bagi semua staf. Kegiatan ini melibatkan jurnalis sebagai narasumber di aula Bawaslu setempat, Kamis (10/9/2020) malam.

Dua wartawan yang terlibat sebagai narasumber ini dari Forum Jurnalis Lembata (FJL) yakni, Alexander Paulus Taum (Wartawan Media Indonesia) dan Andri Atahkran (TVRI).

Pada kesempatan itu Alexander Taum yang akrab disapa San Taum mengatakan, bahwa saat sesorang memulai menulis yang dirasakan adalah sesuatu yang sangat sulit, tetapi kalau ditekuni maka akan menjadi sesuatu yang bernilai,

Menurutnya, menjadi seorang Jurnalis adalah menjadi seorang pewarta bagi Publik, apa yang disajikan adalah informasi bagi masyarakat umum.

” Kita juga bisa menjadi Human interested dari sisi kemanusiaan bagaimna kita menciptakan dan memunculkan isu agar dapat memediasi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk apapun adalah sesuatu yang menarik bagi media,” tandasnya.

Langkah strategis suatu berita, lanjutnya tentu ada formulasi yang sering digunakan dalam menulis dengan pola 5 W – 1 H, serta formulasi Piramida terbalik yang akan disajikan ke publik. ” Dua formulasi ini yang selalu di pakai dalam menulis,” tegas San Taum.

Sementara Andri Atagoran menyampaikan, bahwa semua orang punya bakat menulis hanya belum diasa. Semua bisa menulis tetapi tidak semua yang ditulis itu benar dan dikonsumsi masyarakat umum.

” Menulis itu tidak gampang, tetapi bagaimana menempatkan peran media sangat penting untuk publik,” kata Andri.

Lebih jauh Andri Atagoran, menjelaskan, semua orang
juga dapat mempelajari bagaimana tahapan perencanaan, peliputan, sampai pada pengoolahan berita dan siap untuk di publikasi.

Tahapan ini menjadi akurat dan penting untuk masyarakat.
Berita yang di sajikan bersifat independen.

Menurutnya, independen itu bukan hanya pers saja, tetapi kegiatan bimtek yang digelar Bawaslu di kabupaten Lembata juga bisa melakukan hal yang sama untuk mempublikasi apa yang dikerjakan oleh pihak Bawaslu dan tentu melalui suatu tahapan bimtek.(sn/van).

Komentar

Berita Terbaru