oleh

Besok DPRD TTS Gelar RDP Selesaikan Kasus Air Bonle’u

Kupang, teras-nt.com — Pemutusan jaringan air Bonle,u menuju kota Kapan dan Soe ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) oleh masyarakat setempat menuju titik temu. Setelah mendengar keluhan masyarakat DPRD TTS mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama bupati dan Manajemen PDAM Kamis 10 Juni 2021 untuk menyelesaikannya.

” Kami baru tahu persoalan air Bonle,u dari media masa sehingga  baru – baru ini Komisi 2 kesana dan menemui masyarakat yang melepas sambungan pipa air itu.  Ternyata masalahnya sederhana hanya ada dua poin yang menjadi persoalan di sana. Saat badai Seroja itu air Bonle,u putus. Beberapa Minggu kemudian pihak PDAM turun memperbaiki jaringan menuju kota Kapan dan Soe, sementara satu jaringan untuk konsumsi masyarakat Bonle,u secara gratis itu tidak diperbaiki. Itu yang membuat masyarakat sakit hati dan marah hingga melepas sambungan jaringan pipa air menuju kota Kapan dan Soe. Yang kedua tahun 2020 Dinas PU turun mengukur jalan di wilayah Bonle,u sepanjang dan memasang patok merah untuk dikerjakan tahun anggaran 2021, namun tidak terlaksana karena alasan refocusing anggaran. Masyarakat tidak mau terima dengan alasan itu, mereka tahu saja harus dikerjakan karena sudah dipatok merah. Sementara air untuk kebutuhan mereka sudah diperbaiki sendiri secara swadaya. Na sekarang mereka minta jalan 7 km yang sudah dipatok itu dikerjakan. Dan yang bisa menjawab itu hanya bupati sehingga kami Komisi 2 menggelar RDP untuk mendengar penjelasan bupati,” kata anggota Komisi 2 DPRD TTS Laurens Jehau saat dihubungi wartawan melalui ponselnya dari Kupang, Rabu (9/6/2021) malam.

Menurut Jehau persoalan Air Bonle’u itu bisa diselesaikan tanpa harus saling mencederai karena yang dilakukan masyarakat saat itu ada sebab akibat dan bukan pengrusakan.

” Sesungguhnya tidak ada pengrusakan jaringan, yang terjadi adalah pembongkaran pada sambungan pipa untuk menutuskan aliran air sementara pipanya aman dan tidak sulit untuk disambung kembali,” tandasnya.(mas)

Komentar