by

Belum Semua Kelurahan Masukkan Data Warga Miskin

Kupang, Terasntt.com – belum semua Kelurahan yang ada di Kota Kupang memasukkan data warga miskin ke Dinas Sosial Kota Kupang. Data tersebut amat penting digunakan untuk membiayai jaminan kesehatan warga miskin setelah Pemerintah Kota Kupang menandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan.

“Dari 51 kelurahan yang ada, baru 22 kelurahan yang sudah masukkan data verifikasi warga miskin yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Felisberto Amaral, Kamis, (1/3/2018).

Amaral menjelaskan, salah satu program Wali Kota Kupang, Jefri Riwu More dan wakilnya Hermanus Man adalah membantu masyarakat miskin yang belum memiliki satu pun kartu jaminan kesehatan.

Warga miskin ini akan dibantu melalui dana APBD Kota Kupang saat mereka membutuhkan pertolongan medis.

Rencananya Pemerintah Kota Kupang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk membiayai kesehatan warga miskin di Kota bermotto kasih ini.

Karena itu, nama-nama warga miskin yang sudah terdata perlu dilakukan verifikasi ulang ditingkat kelurahan sehingga tidak terjadi pendobelan ketika kebijakan ini dibuat.

Amaral mengaku, pihaknya sebagai penghimpun data warga miskin hanya bisa berkoordinasi dengan pihak kelurahan agar hasil verifikasi ulang nama warga miskin bisa segera diselesaikan.

Pasalnya, yang mengetahui keadaan warga adalah aparat tingkat kelurahan.

“Verifikasi warga miskin di 51 kelurahan ini untuk mengecek kembali apakah nama yang terdata yang sudah dikirim ke Kementerian sebanyak 15 ribu lebih masih ada atau tidak. Sebab data warga miskin yang 15 ribu lebih itu sudah belum masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT),” ungkapnya.

Dia menambahkan, tim dari Dinas Sosial Kota Kupang harus diturunkan untuk menjemput data ke 29 kelurahan yang belum measukkan hasil verifikasi mereka.

“Tim pendamping yang diturunkan ke Kelurahan ini tidak hanya menjemput, tapi juga akan ikut membantu melakukan verifikasi pada kelurahan yang belum selesai itu,” pungkas Amaral. (raf)

Comment

Berita Terbaru