by

Belu Peringkat Kedua Pengidap HIV/AIDS Tertinggi di NTT

ATAMBUA, Terasntt.com — Berdasarkan data yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Kabupaten Belu menempati peringkat kedua pengidap HIV/AIDS tertinggi di NTT. Kasus yang paling menonjol tahun 2012 mencapai 142 kasus dan tahun 2016 sudah 38 kasus.

” Kehadiran KPA di Kabupaten Belu untuk memberikan tindakan Preventif guna mencegah penyebaran HIV/AIDS. Kita berharap upaya – upaya yang dilakukan mampu menurunkan kasus yang mematikan ini,” Kata Wakil Bupati Belu Drs. J.T Ose Luan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/4/2016).

Ose Luan mengatakan, kasus yang sangat menonjol pada tahun 2012, yakni 142 kasus sementara tahun 2016 ini ada 38 Kasus dan sedikit mengalami penurunan.

Sedangkan ditingkat Kabupaten Belu, lanjutnya ada 5 Kecamatan yang memiliki prosentase pengidap HIV /AIDS tertinggi .

Pada tempat berbeda, Sekretaris KPA, Manek Rofinus, menjelaskan bahwa 5 Kecamatan dengan prosentase pengidap HIV/AIDS tertinggi sejak tahun 2012, adalah Kecamatan Atambua Barat ada 126 Kasus, Atambua Selatan 125 Kasus, Kakuluk Mesak 113 kasus, Lamaknen Selatan 7 kasus, Raimanuk 9 kasus, dan Lasiolat 8 Kasus.

“Atambua Barat menduduki peringkat tertinggi kasus HIV/ AIDS disebabkan banyak tempat-tempat beresiko transaksi seksual terjadi di kecamatan ini. Contohnya kampung jati,” Jelas Rofinus.

Selain itu, lanjutnya banyak penderitaan yang tidak terdeteksi karena tidak memeriksakan diri ke pihak Medis, maka dibutukan banyak sosialisasi terhadap perilaku seks bebas dan mengurangi dampak penyebaran HIV /AIDS di Kabupaten Belu.(ino)

Comment

Berita Terbaru