oleh

Belajar Daring, Siswa Asal Desa Oesayang Kesulitan Listrik

Belajar Daring

Adonara, teras-ntt.com — Akibat Pandemi Covid-19 yang terus merebak, pemerintah menerapkan pembelajaran tatap muka dan menerapkan sistem daring. Walau demikian masih banyak pesoalan yang diahadapi para siswa seperti ketiadaan jaringan listrik dan internet.

Hal ini seperti yang dialami para siswa – siswa asal Desa Oesayang, Kecamatan Adonara Tengah, Kabupaten Flores Timur karena ketiadaan jaringan listrik.

Salah satu orangtua siswa kelas 10 SMANSA Adonara Tengah, Pionius Narang kepada teras-ntt.com do kediamannya, Minggu, (2/8/2020) mengungkap, bahwa selain signal dan biaya pulsa yang memberatkan orangtua, listrik juga menjadi hambatan terbesar dalam mengerjakan tugas. Daya baterei pada hp cepat terkuras sementara ketersediaan listrik di rumahnya tidak ada.

Menurut informasi yang dihimpun di Oesayang masih sekitar 80-an rumah tangga belum berlistrik. Kondisi demikian menyulitkan para siswa asal Oesayang mengikuti pembelajaran daring dari rumah.

Hal tersebut diakui pula Maria Yosefa Ina Atso ketika mengerjakan tugas.

Kata Ina, baterie hp-nya cepat habis dan kesulitan mengisi kembali karena di kampungnya belum berlistrik. Untuk mengisi/mencas hp, ia harus bolak balik mencari listrik di kampung tetangga, tutur Ina siswa SMPS Phaladya Waiwerang saat dikonfirmasi Sabtu,1/8/2020.

Sementara Nikolaus Kopong salah seorang warga Oesayang ketika dimintai pendapatnya mengatakan, listrik merupakan kebutuhan dasar manusia, bukan saja sebagai alat penerangan, tetapi sudah menjadi sarana menciptakan lapangan kerja dan sumber pendapatan. Karena itu seorang pemimpin seharusnya tak bosan-bosan berjuang.

” Masyarakat sangat sengsara tanpa listrik. Seingat saya waktu mencalonkan diri sebagai kepala desa tahun 2015 mengusahakan perluasan jaringan PLN ke Dusun Lamatorok dan Nuba. Atau bapa desa sudah lupa ya.. Dan sekarang masa jabatan mau berakhir. Ingat, janji itu utang,”ungkap Laus demikian ia disapa.

Sementara informasi yang diperoleh dari sekretaris Desa Oesayang Gregorius Gega Tobi,SH mengatakan pemerintah desa sudah beberapa kali menemui Kepala PLN Area Wilayah Timur di Maumere, Kabupaten Sika terkait perluasan jaringan bagi warga dari 2 dusun yang belum berlistrik. Sesuai surat dari Manajer PLN Maumere 3 tahun lalu menyatakan sedang dalam proses persiapan terkait permintaan warga Oesayang dan desa- desa lain yang belum berlistrik,” kata Goris.(bes)

Komentar

Berita Terbaru