Home Pariwisata Batu Bereon & Pantai Teres Perpaduan Obyek Wisata Berkelas Dunia

Batu Bereon & Pantai Teres Perpaduan Obyek Wisata Berkelas Dunia

2819
0
SHARE
Obyek Wisata Pantai Teres/ foto : Thomas Duran

DUA Obyek wisata berkelas dunia, Batu Bereon dan Pantai Teres di Kelurahan Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang memberi warna tersendiri bagi Pariwisata NTT. Obyek wisata yang berkelas dunia ini baru terkenal dua tahun terakhir ketika masyarakat mulai berwisata kesana.

Ketika berwisata Selatan Amarasi dan berada di puncak gunung Batu Bereon para wisatawan tak menyia – menyiakan waktu, selain menikmati indahnya panorama alam Amarasi, juga Pantai Teres dari jarak tiga kilometer dari atas puncak gunung batu. Di tempat inilah pengnjung bisa bebas berekspresi dengan selfie.

Batu Bereon dan Pantai Teres memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung, walau minimnya infrastruk kedua destinasi kebanggaan di daerah ini menjadi buruan para wisatawan baik manca negara maupun domestik.

Kedua obyek wisata di Pantai Selatan Kabupaten Kupang ini berjarak kurang – lebih 50 km dari Kota Kupang dan ditempu dalam waktu dua jam dengan kendaraan pribadi.

Ketika berada di Pantai Teres yang berpanorama indah dengan pasir putih dan gulungan ombak tipis memecah bibir pantai yang belum tersentuh pembangunan memberi suasana nyaman bagi pengunjung. Pantai ini memliki beberapa teluk yang tak kalah menarik, tampak pepohonan dan sedikit batu karang memperindah pantaiĀ  yang berbatasan dengan Amarasi Timur.

Rosiana Nenosiki, seorang warga setempat, kepada Terasntt.com, Rabu (26/4/2017) menuturkan, bahwa sejak dua tahun terakhir Pantai Teres hingga Teluk Peo cukup terkenal dan banyak pengunjung ketika hari libur.

” Selain Pantai Teres dan Teluk Peo juga ada Batu Bereon yang diburuh wisatawan, ketika kita berada dipuncak gunung batu itu bisa melihat Pantai Teres secara keseluruhan. Dan orang memanfaatkannya untuk foto – foto,” kata Rosiani didampingi Kapospol Amarasi, Bripka. Yoram Sirab.

Yoram Sirab, yang juga putra asli Amarasi mengakui, keindahan Pantai Teres dan puncak Batu Bereon yang ramai dikunjungi wisatawan.

Walau demikian, ia berharapĀ  agar ada koordinasi lintas instansi agar bisa menata obyek wisata tersebut dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat dan daerah.

” Kalau bisa ada koordinasi lintas instansi untuk menata obyek wisata, juga menjamin keamanan bagi wisatawan. Kapolres Kupang baru – baru kesini dan melihat langsung obyek wisata yang ada, beliau sangat tertarik dan berharap masyarakat bisa memberikan sejengkal tanah untuk membangun pos polisi agar bisa memberi kenyamanan bagi wisatawan dan juga masyarakat disini,” katanya.

Pada tempat berbeda, Lurah Buraen, Yohanis Nomeni menjelaskan, bahwa jika Pantai Teras itu ditata dengan bagus akan menjadi satu destinasi wisata yang terkenal di dunia. Juga ada Batu Bereon yang sejak tahun 2014 telah dibuka akses jalan kesana sehingga banyak wisatwan mulai berkunjung kesana untuk beristirahat sambil menikmati panorama amal dan Pantai Teres secara keseluruhan.

” Ketika kita di puncak batu itu bisa melihat secara keseluruhan Pantai Teres,” katanya.

Menurutnya, keberadaan Pantai Teres dan Batu Bereon membawa dampak positif bagi warga setempat.

” Saya menghimbau kepada masyarakat yang berada disekitar pantai agar bisa berjualan makanan ringan, buah – buahan juga kelapa muda. Hingga saat ini para wisatawan bebas keluar masuk ke obyek wisata yang ada tanpa retribusi karena belum ditata secara baik dan juga tidak ada dasar untuk memungut biaya. Kami berharap ada perhatian pemerintah daerah agar bisa mendatangkan PAD. Paling tidak ada perda yang mengatur tentang pengelolaan obyek wisata,” katanya.(mas)

Berikan Komentar Anda.