by

Banjir Dukungan Jadi Gubernur, Titu Eki Terharu Hingga Teteskan Air Mata

KUPANG, Terasntt.com — Sehari setelah Raja Makir dari Kabupaten Belu bersama ratusan masyarakat menyatakan dukungan terhadap Bupati Kupang Ayub Titu Eki menjadi calon Gubernur NTT periode 2018 – 2023. Hari Rabu (8/3/2017) ratusan warga yang datang dari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Amofoang Selatan dan Ambenu Kabupaten Kupang kembali mendatangi Titu Eki dan memberikan dukungan yang sama.

Melihat antusias dan sikap serta tutur kata para raja dan masyarakat ini, Titu Eki tampak lusuh dan terharu hingga meneteskan air mata.

Sesekali ia menyeka wajahnya dengan sapu tangan berwarna biru ketika para raja dan usif menyampaikan maksud kehadiran mereka dalam bahasa adat. Yang menurutnya sangat mendalam dan sarat makna.

Bahkan ketika menanggapi  permintaan dan dukungan itu, Titu Eki yang sudah berdiri dan memegang mic tak sanggup untuk berkata, ia meneteskan air mata dan kembali duduk untuk menenangkan diri beberapa saat. Kemudian ia kembali berdiri dan menanggapi permintaan para raja dan usif itu.

” Terima kasih bapak, mama bersaudara semua yang datang dari jauh untuk memberikan dukungan buat saya. Bapak – mama tinggalkan pekerjaan dan kesibukan lalu datang ke tempat ini bertemu dengan saya. Apa yang dilakukan ini bukan pekerjaan gampang, tapi karena niat yang tulus dan hati lapang untuk memberikan dukungan kepada saya. Menjadi Gubernur sangat berat dan untuk mengmpulkan bapak mama seperti ini sangat sulit. Saya dengar bahwa ada pertemuan para raja sedaratan Timor Barat membahas berbagai masalah termasuk pemilihan Gubernur. Kemarin Raja dari Belu bersama masyarakat datang ke tempat ini untuk memberikan dukungan dan hari ini bapak – mama dari TTU, TTS, Amfoang dan Ambenu menyampaikan dukungan yang sama. Dan ini menurut orang pintar adalah demokrasi sesungguhnya. Saya menyadari sudah semakin tua dan pikun. Hal yang sama seperti tadi malam saya terima dan secara budaya. Saya menerima maksud baik ini, tetapi saya akan isi dalam sebuah amplop putih dan disimpan di dalam alkitab saya. Saya tidak simpan di saku baju karena akan ganti baju. Juga saya tidak simpan di dalam hati. Saya simpan di amplop putih dan yang memiliki amplop itu adalah Tuhan. Pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi kita semua,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, bahwa dukungan para raja dna usif serta masyarakat Timor Barat ini  bukan menjadi tekanan sehingga bagi saudara – saudara yang sudah berjalan terus bekerja.

Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Gaspar Nalle  mengatakan, bahwa sesuai pengamatan mereka dari TTU, Titu Eki orang yang baik dan tidak perna berurusan dengan hukum selama menjadi Bupati Kupang dua periode.

” Titu Eki sangat baik,
Orangnya dekat dengan masyarakat, selalu mendekati dan mencari tahu kehidupan masyarakat kecil. Kami empat kerjaan di TTU bertekat mendukung Titu Eki yang lebih pantas menjadi Gubernur NTT,” tegasnya.

Demikian juga disamapaikan, Martinus Taeki, Raja Miomafo, Michwel Lelan, Ruben Asbanu asal TTS, Jonh Tamoes asal Amfoang serta Nikolaus Fallo asal Ambenu, bahwa kehadiran untuk memnbrikan dukungan terhadap Titu Eki merupakan kesepakatan bersama dalam pertemua para raja se Timor Barat yang berlangsung di TTS pada tanggal 2 – 3 Maret 2017 lalu.

” Ini kesepakata para raja – raja. Kami mohon kapada Tuhan agar bisa memberikan petunjuk bagi kami. Dan kehadiran kami hari ini untuk mendukung bapak Titu Eki menjadi Gubernur NTT,” tegas Fallo.(mas)

Comment

Berita Terbaru