by

Baguna PDIP Serius Tangani Masalah Bencana

KUPANG, Terasntt.com – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan (PDI-P) memberikan perhatian serius dalam menangani berbagai masalah kebencanaan yang terjadi di tanah air.

Hal itu disampaikan Sekretaris Baguna DPP PDI-P, Alvian Feoh dalam siaran persnya yang diterima wartawan di Kupang, Kamis (15/9/2016).
Untuk mendeteksi dini bencana lanjut mantan aktivis Pengembangan Inisiatif dan Advokasi Rakyat (PIAR) Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, pihaknya terus meningkatkan kerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Bahkan ungkap pria kelahiran Maumere NTT ini, penjajakan dalam rangka peningkatan kerja sama sudah dilakukan agar informasi seputar meteorologi, klimatologi, dan geofisika mudah diakses.

Momentum peningkatan kerja sama itu demikian Alvian, akan dilakukan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dalam waktu dekat. MoU dan kesepakatan kerja sama akan dilakukan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Baguna PDIP Sadarestuwati dengan pihak yang mewakili BMKG.

“Penjajakan dan persiapan sudah dilakukan,” kata Alvian.

Politisi muda PDIP asal NTT yang telah lama berkiprah di Jakarta ini menambahkan, kerja sama Baguna PDI-P dan BMKG sudah lama terjalin dan disepakati untuk semakin ditingkatkan. Selama ini, dalam beberapa aktivitas Baguna di daerah juga sering bersinggungan. Untuk itu, peningkatan kualitas kerja sama sangat diperlukan sehingga memberikan dampak yang efektif.

“Baguna PDI-P sangat membutuhkan dukungan dari BMKG dalam operasional kebencanaan, seperti data dan akurasi informasi, sehingga risiko bencana bisa ditekan,” ujar Alvian.

Selain terkait operasioal kebencanaan, kerja sama dengan BMKG juga mempunyai cakupan yang luas, seperti dukungan peningkatan kapasitas para pihak yang terkait. Beberapa aktivitas seperti sekolah lapang iklim dan sosialisasi informasi cuaca sangat dibutuhkan pelaku usaha bidang pertanian, terutama petani pedesaan.

“Selama ini sudah ada komunikasi terkait informasi cuaca, namun masih banyak hal yang bisa dilakukan bersama BMKG,” ujarnya.(bet)

Comment

Berita Terbaru