oleh

Atraksi Gabungan TNI – Masyarakat Semarakkan HUT RI di Belu

ATAMBUA, Terasntt.com — Puncak peringatan HUT RI ke 70, Senin (17/8/2015) di Desa Silawan wilayah perbatasan Kabupaten Belu – Timor Leste, diisi dengan atraksi perjuangan oleh TNI dan masyarakat setempat. Antraksi itu disaksikan Danrem 161 Wiraskti Kupang,Brgjen TNI Heri Wiranto SE.MM bersama jajarannya serta serta undangan.
Antraksi tersebut selain memperingati kemerdekaan RI juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat yang ada di perbatasan.
Pantauan Terasntt, atraksi yang lakukan TNI dan warga setempat mengambil te tentang perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda ini, yang mengisakan tentang sekelompok masyarakat tidak puas dengan penyikasaan yang dilakukan oleh tentara Belanda dengan menyeret dan membunuh para pejuang kemerdekaan. Rasa ketidakpuasan ini, para pejuang mulai melakukan pertemuan untuk menyusun rencana penyerangan terhadap pos tentara Belanda.
Berbekal bambu runcing dan keberanian, para pejuang ini melakukan perlawanan hingga akhirnya berhasil merebut pos tentara Belanda lalu merobek bendera biru dan mengibarkan bendera merah putih sebagai lambing kemenangan terhadap penjajah.
Pada kesempatan itu, Heri Wiranto, mengatakan dengan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia dan semua kegiatan yang dilakukan diharapkan tetap semangat dan bersama – sama melawan kemiskinan.
” Berjuang mengangkat harkat dan martabat bangsa ini menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan disegani olehbangsa-bangsa lainnya. Juga kita membina masyarakat agar cinta terhadap Negara dan tanah air, ” ujarnya.(Ino)

Komentar