Home Daerah Atasi Sampah Kelurahan, Pemkot Bagi Motor Roda Tiga

Atasi Sampah Kelurahan, Pemkot Bagi Motor Roda Tiga

704
0
SHARE
Footo : Rafael L. Pura

KUPANG, Terasntt.com — Untuk mengatasi masalah sampah Pemerintah Kota Kupang membagikan motor sampah untuk masing – masing kelurahan. Bantuan ini disalurkan melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan.

” Untuk mengatasi masalah persampahan di kota ini terutama di tingkat kelurahan, kami memberikan bantuan berupa motor roda tiga sebagai pengangkut sampah ditingkat kelurahan,” kata Kepala Dinas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Obed Kadji usai menyerahkan bantuan tersebut di Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, Selasa (4/7/2017).

Penyerahan motor sampah tersebut diterima langsung oleh Lurah Nefonaek, Titus Ratuarat bersama Ketua LPM dan disaksikan semua ketua RT.

Obed mengatakan, motor roda tiga pengangkut sampah yang diserahkan tersebut, sebagai sarana pengangkut sampah untuk membantu kerja dinas Kebersiahan di tingkat kelurahan. Karena masih ada tempat di kelurahan yang masih sulit dijangkau kendaraan pengangkut sampah, sehingga motor roda tiga ini dapat membantu mengangkut sampah-sampah tersebut.

” Motor roda tiga yang kami serahkan ke Kelurahan Nefonaek ini, karena Nefonaek salah satu kelurahan penilaian Adipura, maka masalah kebersihan menjadi salah satu prioritas utama bagi kelurahan tersebut,” lanjut Obed.

Obed mengatakan, selama ini, kelurahan Nefonaek telah memelihara kebersiahan dengan baik, sehingga dengan bantuan tersebut, sekiranya bisa meningkatkan kerja kelurahan dalam menunjang pelaksanaan mengatasi masalah persampahan.

” Diketahui dalam pemungutan dan pengelohan sampah telah dilakukan oleh pihak kelurahan Nefonaek, sehingga dengan bantuan motor roda tiga lebih sebagai suatu motifasi dalam mengatasi masalah persampahan di keluarahan ini. Karena yang dilakukan kelurahan Nefonaek merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program kerja dinas,” kata Obed.

Obed berharap, bantuan motor roda tiga tersebut dapat digunakan dengan baik, sehingga harapannya dalam mengatasi masalah persampahan di kota hingga tingkat keluarahan dapat teratasi.

” Bantuan motor roda tiga pangangkut sampah yang telah diserahkan ini kami berharap dapat digunakan seara baik, sehingga menjadi daya tarik bagi kelurahan lain nantinya,” pinta Obed.

Sementara itu, Lurah Nafonaek Titus Ratuarat mengatakan dengan adanya bantaun motor roda tiga ke kelurahan sekiranya dapat mengatasi masalah pengangkutan sampah pada gang-gang yang sulit di jangkau oleh kendaraan dinas kebersihan untuk dibawah ke TPS agar dapat diangkut oleh kendaraan pengakut sampah.

” Mau dilihat wilayah Kelurahan Nefonaek cukup banyak gang-gang perumahan yang sulit dilewati truk sampah, sehingga dengan bantuan motor roda tiga dapat membantu dinas dalam masalah pengangkutan sampah pada gang-gang yang ada di kelurahan ini,” kata Titus.

Titus menambahkan, hal lain juga dengan motor roda tiga ini, nantinya dalam pengangkutan sampah sudah tidak sulit, karena dalam persiapan penilaian Adipura kelurahan akan membagikan kantong- kantong sampah pada tiap rumah tangga sehingga dalam pembuang sampah sudah dapat memilahnya yakni sampah organik dan non organik.

” Sehingga sampah rumah tangga yang dibuang sudah bisa terpilah dan muda diangkut. Kami berencana sampah plastik nantinya dalam waktu dekat kami akan olah menjadi cetakan pafling block, dan sampah non platik seperti daun akan diolah menjadi pupuk organik. Ya untuk pengolahan sampah organik kami akan bekerja sama dengan Undana,” kata Titus.

Titus mengaku, motor roda tiga yang telah diserhakan tersebut sesuai rencana akan di kelolah oleh pihak karang taruna nantinya. (raf)

Berikan Komentar Anda.