by

Arus Mudik, Penumpang Meningkat 30 Pesen

KUPANG, Terasntt.com — Arus mudik leberan tahun ini penumpang melalui bandara El Tari Kupang naik 30 persen jika dibandingkan dengan tahun 2015. Peningkatan penumpang sangat signifan sehingga petugas Angkasa Pura harus bekerja ekstra.

Demikian disampaikan General Maneger (GM), Angkasa Pura ll El Tari Kupang, Wahyudi saat ditemui wartawan, di ruang kerjanya, Jumad (8/7/2016).

Menurutnya mudik sangat terasa karena terjadi peningkatan penumpang pada semua maskapai yang ada.

” Kalau dibandingkan dengan arus mudik tahun sebelumnya, tahun ini meningkat hingga 30 persen. Jumlah maskapai sendiri kita tambah untuk mengatasi padatnya peenumpang,” katanya.

Wahyudi memperkirakan, puncaknya arus mudik dan juga arus arus balik dalam H Plus 7 akan semakin meningkat melalui penerbangan Bandara Internasional El Tari Kupang.
” Untuk mengantisipasi arus penerbangan yang semakin bertambah antara arus mudik dan arus balik H plus 7 maka persiapan dari Angkasa Pura sendiri dengan menggelar apel pagi bersama dan koordinasi dengan TNI Angkatan udara, Angkatan laut dan juga Kepolisian untuk tetap siaga,” ujarnya.

Sedangkan untuk sistim pengamanan di bandara El Tari, lanjut Wahyudi akan dilakukan sesuai petunjuk dari Menteri Perhubungan dan instruksi Panglima TNI.

” Terkait dengan pengamanan bandara kami dapat instruksi dari Panglima TNI juga petunjuk dari Menteri Perhubungan yang harus dilaksanakan pengamanan bagi pengguna jasa bandara sehingga penumpang merasa nyaman, itu bukti dari persiapan kami guna untuk memenuhi keinginan masyarakat,” Jelas Wahyudi.

Ia menegaskan, bahwa bandara harus berfungsi sebagai tempat mudik yang aman, sehingga ada posko yang di bentuk sejak H-12 dari 24 juni hingga H + 10 tanggal 18 Juli 2016.

” Di NTT ada 13 bandara semuanya terbagi rata-rata, sedangkan arus mudik ke Surabaya dan Jakarta juga banyak nanti di akhir dari posko ini baru kita statistikan mana arus mudik yang lebih banyak. Dan kendala dari Angkasa Pura tidak ada karena kita terkandala teknis terhadap pengguna bandara jasa udara, harapan saya kepada masyarakat Kota Kupang yang mudik agar semuanya berjalan dengan baik tanpa ada kendala-kedala kalau ada kandala dan perlu bantun segera’lah melaporkan ke posko yang ada di bandara karena kami menyiapkan tiga posko di bantu TNI Angkatan Udara dan karantina juga Basarnas yang ada,” tegasnya. (her)

Comment

Berita Terbaru