Home Daerah Ari Wijana Himbau Warga Kota Waspadai Penyakit Musim Kemarau

Ari Wijana Himbau Warga Kota Waspadai Penyakit Musim Kemarau

637
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ari Wijana menghimbau kepada warga Kota Kupang agar waspada terhadap ancaman penyakit saat musim kemarau. Saat pergantian musim selalu ada penyakit yang muncul, jika tidak diwaspadai bisa terserang.

” Beberapa penyakit yang sering menyerang masyarakat pada musim kemarau adalah batuk, demam, diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).
Untuk itu salah satu langka yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah menjaga lingkungan secara baik,” kata Ari kepada Wartawan di Kupang, Jumat (11/8/2017).

Ari mengatakan, untuk mengantisipasi berbagai penyakit tersebut pihaknya telah melakukan monitoring ke semua Puskesmas, mengingat potensi wabah penyakit seperti Ispa paling sering terjadi saat musim kemarau. Penyeban utamanya adalah Debu.

Ia mengaku, pihaknya juga terus melakukan berbagai langka antisipasi terhadap ancaman penyakit diare. Karena penyakit ini berpotensi menyerang akibat kesulitan air.

” Saat memasuki musim kemarau, berdampak pula pada sulitnya air, dimana air permukaan terbatas, maka dinas kesehatan juga melakukan antisipasi akan penyebab penyakit diare,” ucapnya.

Dalam mengantisipasi keterbatasan air tersebut, Ari menyarankan agar masyarakat menggunakan produk air isi ulang. Namun masyarakat diminta harus jeli dalam memilih depot air isi ulang, diusahakan pada Depot yang memiliki sertifikat layak sehat.

Karena, lanjutnya, depot air isi ulang yang memiliki sertifikat adalah depot air yang sudah dilakukan pemeriksaan sampel air oleh pihaknya.

“ Depot air isi ulang yang telah memiliki sertifikat ini adalah depot air yang telah dilakukan pemeriksaan, dan tidak ada bakterinya,” tegasnya.

Ia menjelaskan, Depot air isi ulang yang ada di Kota Kupang sebanyak 470 lebih yang sudah dilakukan pemeriksaan bebas bakteri. Pelaksanaan pemeriksaan tersebut dilakulan tiap enam bulan sekali. (raf)

Berikan Komentar Anda.