oleh

Akreditasi, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

KUPANG, Terasntt.com — Program akreditasis pendidikan yang dilakukan Asesor untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Selama ini hanya mengandalkan 8 standar pendidikan dan prosentasi kelulusan.
Demikian disampaikan Gubernur NTt, Drs. Frans Lebu Raya saat membuka seminar hasil akreditasi sekolah / madrasah se NTT 2015 di Hotel Pelangi Kupang, Rabu (23/9/2015).
Dihadapa peserta seminar dan Sekretaris Badan Akreditasi Nasional (BAN), Samsir Alam,
Lebu Raya mengatakan, bahwa dari waktu ke waktu pemerintah selalu menggunakan delapan standar pendidikan dan prosentasi hasil UN untuk mengukur kualitas pendidikan, namun saat ini pemerintah menggunakan sistem akreditasi agar bisa mengukur pelaksanaan pendidikan dan kualitasnya.
” Kita punya komitemen yang sama untuk meningkatkn kualuitas pendidikan, agar kelak memiliki daya saing. Ini sebuah tantangan kita bersama karena persaingan tenaga kerja menjadi heboh. Ada demo dimana – mana. Dunia pendidikan menjadi harapan yang sangat penting karena itu semua kita membenahinya dengan sebaik – baiknya,” tegas Lebu Raya.
Menurut dia, penilaian badan akreditasi bukan untuk menakut -nakutkan tetapi untuk mengukur kualitas pendidikan di negeri ini.
” Kekuatan maupun kelemahan hari ini, besok bisa berubah. Yang menjadi kelemahan ayoh dibenahi. Dari 500 lebih sekolah yang dapat akreditasi A hanya 13 sekolah, yang lain masih bermain di level B dan C. Untuk itu harus berkreasi dan inofatif untuk menghadapi masa depan yang lebih rumit,” tandasnya.
Menurut Lebu Raya, Negeri ini tidak bisa dibangun semata dengan pikiran ekonomi, tetapi rasa adil diperlukan.
” Kita semua punya tanggung jawab dan harus mempersiapkan anak – anak yang lebih hebat dan berdaya saing tinggi. Untuk itu semua sekolah mesti ramah anak, walau ada sanksi yang diberikan tapi tidak perlu dengan kekerasan, sanksi harus mendidik. Saya salut dengan program Menteri pendidikan sekolah sebagai taman. Taman itu menyenangkan dan tidak perlu dengan kekerasan,” tegasnya.
Pada kesempatan yang sama, Samsir Alam, mengatakan
Akreditasi pendidikan intinya untuk membangun pengawalan mutu pendidikan secara menyeluruh.
” Kita bisa meningkatkan peringkat pendidikan melalui sivitas akademik unuk memacu kita. Saya sering sampaikan kepada guru di sekolah, Kalau kita behenti belajar sama halnya dengan meminta pensiun,” tegasnya.(mas)

Komentar