oleh

Aduriz Hattrick, Bilbao Hempaskan Barca 4-0

Bilbao, CNN Indonesia — Aritz Aduriz menjadi pemain pertama sejak 2005 yang mencetak hattrick ke gawang Barcelona setelah ia membantu Athletic Bilbao menang 4-0 di leg pertama Piala Super Spanyol, Jumat (12/8) waktu setempat, di Stadion San Mames.

Pemain berusia 34 tahun tersebut menyarangkan tiga gol di babak kedua sementara satu gol Bilbao lainnya dibuat pada menit ke-12 lewat gol spektakuler San Jose dari tengah lapangan.

Pada laga tersebut, tekanan yang diberikan Bilbao membuat Barcelona tak bisa berkutik sama sekali. Lionel Messi yang mencetak dua gol melawan Sevilla di final Piala Super UEFA pun jarang menampilkan asi-aksi briliannya.

Pedro Rodriguez, pemain yang santer diisukan segera pindah ke ManUnited, memulai laga dari menit pertama. Ia menggantikan posisi Neymar yang absen karena penyakit gondok. Akan tetapi Luis Enrique mempercayakan lini pertahanannya kepada beberapa pemain cadangan seperti Thomas Vermaelen yang menjalani tur pramusim dengan bagus, Marc Bartra, dan juga Sergi Roberto.

Bilbao mendapatkan peluang pertama pada menit ke-10. Memanfaatkan bola muntah, Eraso melancarkan tendangan yang kemudian diblok oleh Barcelona.

Selang dua menit kemudian, Bilbao kemudian mendapatkan gol dari tendangan spektakuler San Jose. Dari tengah lapangan, San Jose melihat Marc-Andre ter Stegen keluar dari posisi dan menyarangkan bola dari setengah lapangan.

Kesempatan terbaik Barcelona di babak pertama hadir di menit-menit terakhir melalui tendangan bebas melengkung Lionel Messi. Namun bola masih bisa ditepis penjaga gawang Gorka Iraizoz.

Di awal babak kedua, Pedro sempat menggetarkan tiang gawang Iraizoz lewat tendangannya, setelah ia mampu melepaskan diri dari penjagaan lini pertahanan Atletico. Namun aksi ini masih belum membuahkan apa-apa.

Pada menit ke-52, Bilbao menggandakan skor lewat sundulan Aduriz yang dengan mudah mengalahkan penjagaan lawan dan memperdaya Ter Stegen.

Aduriz mencetak gol keduanya lima menit kemudian. Memanfaatkan kegagalan Bartra membuang bola dengan baik, ia menyarangkan gol lewat tendangan voli.

Pemain asal Spanyol itu kemudian mendapatkan hattrick di menit ke-67 melalui titik penalti.

Barcelona tak memiliki jawaban sama sekali atas empat gol Bilbao dan lebih banyak melakukan pelanggaran di lima menit akhir pertandingan. Bilbao membawa keuntungan 4-0 untuk bertandang di leg ke dua di Stadion Camp Nou pada Selasa (18/8) waktu setempat.

Susunan Pemain

Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; San Jose, Benat, Eraso; Susaeta, Aduriz, Sabin

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Bartra, Vermaelen, Adriano; Mascherano, Sergi Roberto, Rafinha; Messi, Suarez, Pedro(CNN)

Komentar