Home Humaniora 50 Personil Tagana Ikut Bimtek Siaga Bencana

50 Personil Tagana Ikut Bimtek Siaga Bencana

1442
0
SHARE
Foto : Istimewa

OELAMASI, Terasntt.com — Sebanyak 50 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kupang mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) siaga bencana untuk membantu masyarakat dalam rangka mengantisipasi maupun menghadapi bencana. Bimtek ini berlangsung selama 5 hari hingga 2 September 2016 di Aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kupang, Senin (29/8/2016).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno dan dihadiri oleh pejabat dilingkup Pemkab Kupang diantaranya Kadis Sosial Ibrahim Humau, Kepala LPPL RSKK Martha Paraede dan Pejabat lainnya.

Dalam arahannya, Korinus Masneno mengatakan, Kegiatan Bimtek merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah terhadap anggota Tagana khususnya terkait dengan upaya mempertajam kemampuan dan keterampilan dasar yang telah dimiliki terkait penanganan bencana.

Masneno mengharapkan input dari kegiatan ini adalah kesiapan petugas penanganan bencana yang mampu dan memiliki keterampilan memadai dalam melaksanakan tugas-tugas kebencanaan.

“ Bencana merupakan kejadian yang tidak terduga sehingga dalam penanganannya dituntut sikap profesional dari pelaku penanganan,” Ungkap Mantan Asisten II Setda Kabupaten Kupang tersebut.

Selain itu, ia juga. mengungkapkan berbagai terobosan yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi bencana, yakni dengan merubah sistem penanganan dari fatalistik responsif menjadi preventif pro aktif dalam arti penanganan bencana tidak hanya pada kondisi bencana saja melainkan lebih bersifat kesiapsiagaan aktif.
Untuk itu, Masneno berharap pula kegiatan Bimtek memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kemampuan anggota tagana agar mampu memberikan pendampingan sosial bagi korban bencana, masa depan pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana.

Dan juga, ia meningkatkan kemampuan Tagana dalam aspek psikologi khusus bagi korban bencana yang mengalami psikososial serta melibatkan anggota Tagana dalam mengawal kampung siaga bencana.

Sementara Ibrahim Humau menyampaikan, bahwa kondisi Kabupaten Kupang yang rawan bencana mengharuskan anggota Tagana senantiasa siap siaga.

Dikatakannya, tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan bimtek ada dampak positif bagi anggota Tagana untuk lebih siap dan memiliki kesiapsiagaan demi mengurangi resiko dan dampak bencana di Kabupaten Kupang.

Kegiatan Bimtek ini sendiri mendatangkan instruktur dan pemateri dari Basarnas NTT, juga pihaj Dinas Sosial Kabupaten Kupang.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.