Home Daerah 4 Daerah di NTT Dinilai Layak Jadi DOB

4 Daerah di NTT Dinilai Layak Jadi DOB

1825
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur yang membidangi hukum dan pemerintahan umum menilai empat daeah di NTT lebih siap dan layak menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Keempat daerah itu, yakni Kota Madya Maumere, Adonara, Pantar dan Amfoang.

” Keempat daerah ini merupakan klaster pertama yang sudah diusulkan jadi DOB sejak tahun 2010 lalu. Namun masih  terkendala karena adanya moratorium dari pusat,” kata
Ketua Komisi I DPRD NTT, Maksi Ebu Tho kepada wartawan di Kupang, Sabtu (4/3/2017).

Menurutnya keempat daerah yang lebih siap menjadi daerah otonomi adalah, Kotamadya Maumere di Sikka, Adonara di Kabupaten Flores Timur, Pantar di Kabupaten Alor dan Amfoang di Kabupaten Kupang.

Maksi mengaku, komisi I sudah berkoordinasi usulan DOB dari daerah setempat bersama Kementerian Dalam Negeri pada beberapa waktu lalu.

Sealin keempat daerah tersebut,  lanjut Maksi juga telah diusulkan empat DOB lain, yakni  Amanatun di Kabupaten Timor Tengah Selatan serta Pahungga Lodu, Sumba Timur Jaya dan Sumba Selatan di Kabupaten Sumbah Timur.

Menurutnya, menanggapi usulan tersebut pihak Kementerian Dalam Negeri mempersilakan pemerintah daerah mengajukan usulan pembentukan DOB sebanyak mungkin sesuai aspirasi masyarakat yang berkembang. Namun untuk usulan tiga DOB dari Sumba Timur oleh pihak kementerian  mengarahkan pemerintah daerah untuk mempertimbangkan kembali daerah mana yang lebih diutamakan.

” Jika proses pembentukan DOB dilakukan sekalian, tentunya agak rumit. Jika masyarakat dan pemerintah daerah menginginkan agar daerah setempat secepatnya menjadi DOB, maka harus disepakati satu yang menjadi prioritas dari tiga usulan tersebut,” tegasnya.

Walau demikian, lanjut Maksi  usulan pembentukan DOB tersebut masih menunggu pencabutan keputusan moratorium yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat.

” Kita harapkan pemerintah segera mencabut kebijakan moratorium itu sehingga pada tahun 2017 atau 2018 mendatang empat daerah yang dinilai lebih siap itu bisa dimekarkan,” ujarnya.(raf)

Berikan Komentar Anda.