Home Ekbis 3000 Lampu Jalan Untuk Kota Kupang

3000 Lampu Jalan Untuk Kota Kupang

760
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Program Pemerintah Kota Kupang Tahun 2017 ini akan memasang 3000 titik lampu jalan pada 51 kelurahan. Dengan demikina Kota Kupang akan terang benderang pada malam hari.

Hal ini dikatakan Kepala Bagian Umum Setda Kota Kupang, Johny Bire, di ruang kerjanya, Kamis, (8/6/2017)

Menurut Johny Bire, untuk pemasangan ke 3 ribu lampu jalan tersebut, pihaknya akan memprioritaskan pada titik-titik rawan disetiap lingkungan kelurahan, terlebih pada titik – titik yang sudah menjadi permintaan warga yang disampaikan saat Walikota berkantor di kelurahan maupun melalui reses Anggota DPRD Kota Kupang.

Selain melakukan pemasangan lampu tersebut, kata Bire, pihaknya akan melakukan rehabilitasi sejumlah jaringan yang rusak atau dicuri orang.

“ Pemasangan 3 ribu jaringan baru untuk lampu penerangan jalan yang dilakukan pemerintah melalui bagian umum ini merupakan pemasangan tahap kedua dengan tahap pertama sudah direalisasikan pada tahun 2016 lalu,” ujarnya.

Ia mengatakan, pagu anggaran untuk pemasangan tiga ribu jaringan lampu penerangan jalan Kota Kupang tahun 2017 sebesar Rp. 9 miliar. Dana tersebut diperuntukan bagi pengadaan sebanyak 3000 lampu baru jenis LED berkapasitas 40 dan 60 Watt.

” Adanya variasi kapasitas lampu antara 40 dan 60 Watt disebabkan karena dalam pemasangan jaringan terdapat perbedaan antara lokasi jaringan di pinggiran jalan negara dan jalan lingkungan. Untuk lokasi jalan negara maupun jalan provinsi, pihaknya akan memasang lampu dengan kapasitas terang sebesar 60 Watt. Sedangkan untuk jalan lingkungan akan dipasang lampu penerangan berkapasitas 40 Watt,” ujarnya.

Johny mengaku, saat ini proses pemasangan jaringan baru penerangan lampu jalan di Kota Kupang sudah dalam proses administrasi, yakni pengadaan melalui e-katalog, dan tidak melalui proses lelang.

“ Dipastikan awal bulan Juli atau paling lambat pertengahan bulan Juli mendatang, pekerjaan fisik pemasangan 3000 lampu jalan baru bisa dilakukan,” katanya.(raf)

Berikan Komentar Anda.